Kerajinan dari Sendok Plastik

Kerajinan dari Sendok Plastik – Sendok plastik menjadi salah satu limbah yang paling banyak dihasilkan oleh masyarakat. Dengan alibi ingin sesuatu yang praktis, banyak orang memilih menggunakan sendok plastik saat membeli dan membungkus makanan dari sebuah tempat makan. Sendok-sendok plastik ini kemudian dibuang dan menghasilkan tumpukan sampah yang cukup banyak.

Namun di tangan orang-orang kreatif, sendok plastik bisa disulap menjadi sebuah kerajinan yang menarik. Bahkan bukan tidak mungkin, kerajinan dari sendok plastik dapat menjadi sebuah kerajinan yang bernilai tinggi untuk dijual. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit sehingga bisa dilakukan siapapun.

Bahan-bahan yang sederhana dalam membuat kerajinan dari sendok plastik membuat kegiatan ini cocok untuk dilakukan bersama anak-anak. Selain meningkatkan kreativitas, membuat kerajinan seperti ini dapat mengalihkan perhatian anak dari kegiatan-kegiatan yang negatif.


Contoh Kerajinan Dari Sendok Plastik

Contoh Kerajinan Dari Sendok Plastik

Sendok plastik bisa diolah untuk dibuat kerajinan yang sangat menarik. Pembuatan kerajinan berbahan sendok plastik ini juga cukup mudah. Membuat kerajinan berbahan sendok plastik juga dapat digunakan untuk mengasah kreativitas anak sembari mengisi waktu luang. Berikut ini adalah beberapa contoh kerajinan dari sendok plastik yang bisa dipraktikkan.


1. Pegangan Lilin

Pegangan Lilin

Limbah sendok plastik yang banyak dihasilkan setelah selesai makan ternyata bisa dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan yang menarik. Salah satunya adalah kerajinan sebagai pegangan lilin. Dengan modal lem dan kertas karton sebagai alas, limbah sendok plastik bisa menjadi pegangan yang menarik untuk lilin di rumah atau di kamar.


2. Hiasan Jam Dinding

Hiasan Jam Dinding

Limbah sendok plastik juga bisa dimanfaatkan sebagai hiasan jam dinding yang unik. Seperti yang terdapat pada gambar, kumpulan sendok plastik disusun sedemikian rupa sehingga dapat menjadi pinggiran dari jam dinding yang keren. Jangan lupa untuk mengecat sendok dengan warna yang senada dengan jam dindingnya.


3. Pin

Pin

Memiliki banyak limbah sendok plastik yang berukuran kecil kini jangan langsung dibuang begitu saja karena dapat didaur ulang menjadi pin sendok plastik yang lucu. Sendok-sendok plastik bekas sendok es krim bisa disusun dan ditambah aksesoris lain untuk membuat sebuah pin yang lucu.


4. Pinggiran Pot Bunga

Pinggiran Pot Bunga

Sendok plastik yang biasa didapatkan setelah membeli bubur ayam juga bisa dimanfaatkan dengan baik sebagai pinggiran pot. Pilih pot yang berukuran tidak terlalu besar lalu tambahkan ujung sendok plastik dan tempelkan pada setiap sisi pot. Soal warna dapat menggunakan warna netral seperti putih atau yang senada dengan warna pot.


5. Kerajinan Bunga Tiruan

Kerajinan Bunga Tiruan

Banyaknya limbah sendok plastik yang sudah tidak terpakai bisa juga dijadikan sebagai bahan kerajinan untuk aksesoris dalam acara pentas. Salah satunya adalah dibentuk sebagai bunga tiruan.

Bagian ujung sendok ditempelkan satu sama lain dengan lem perekat yang kuat dengan ditambah aksesoris akan menjadi bunga tiruan yang cantik. Tidak lupa pilih warna-warna yang cantik juga.


6. Hiasan Kaca Dinding

Hiasan Kaca Dinding

Sendok plastik juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan hiasan dinding. Cara pembuatannya juga sangat mudah. Cukup dengan menempelkan sendok-sendok plastik membentuk lingkaran. Di depan sendok plastik bisa ditambahkan kaca berbentuk bulat agar menjadi semakin manis.


7. Hiasan Lampu

Hiasan Lampu

Selain untuk hiasan dinding, sendok-sendok plastik juga bisa digunakan sebagai hiasan atau penutup lampu yang lucu. Untuk membuatnya, persiapkan botol plastik bekas bening yang disesuaikan dengan ukuran lampu.

Kemudian potong ujung sendok dan tempelkan pada pinggiran botol. Gunakan tambahan hiasan atau warna yang menarikĀ  agar tampilannya semakin cantik.


8. Hiasan Dinding bentuk Hewan

Hiasan Dinding Bentuk Hewan

Bagi sebagian kalangan sendok plastik mungkin adalah barang sepele yang nilainya tidak seberapa. Namun bagi orang yang kreatif, sendok plastik bisa menghasilkan karya yang luar biasa, seperti hiasan dinding berbentuk elang ini. Prosesnya memang cukup rumit dan membutuhkan ketelitian, tetapi hasilnya membuat semua orang berdecak kagum.


9. Gaun Boneka

Gaun Boneka

Kombinasi sendok dan garpu plastik bisa juga menjadi bahan pembuatan gaun yang keren bagi boneka. Bila umumnya gaun boneka memiliki bentuk yang biasa-biasa saja, kombinasi sendok dan garpu plastik akan menghasilkan gaun yang unik. Tentu saja daun yang berasal dari sendok dan garpu plastik membuat boneka terlihat lebih anggun.


10. Hiasan Bunga Natal

Hiasan Bunga Natal

Perayaan Natal yang meriah tidak bisa dilepaskan dari hiasan bunga yang biasanya dipajang di depan pintu rumah. Sebagai alternatif hiasan bunga yang terbuat dari serat-serat plastik atau daun, bisa menggunakan hiasan dari sendok plastik. Bagian ujung sendok yang ditempel melingkar kemudian dicat dengan warna khas Natal bisa menjadi hiasan bunga natal yang menarik.


Alasan Membuat Kerajinan dari Sendok Plastik

Ada banyak sekali bahan-bahan yang bisa dijadikan sebagai pembuat kerajinan yang menarik, salah satunya adalah sendok plastik. Dengan berbekal kreativitas dan ketekunan, sendok plastik bisa disulap menjadi bahan pembuat kerajinan yang sangat menarik. Berikut juga adalah beberapa alasan mengapa membuat kerajinan dari sendok plastik.


1. Daur Ulang Limbah

Sendok plastik menjadi salah satu barang yang mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Sendok plastik banyak dimanfaatkan sebagai pelengkap saat membeli makanan. Dampaknya adalah muncul banyak sekali limbah sendok plastik setelah selesai digunakan.

Sehingga keberadaan limbah sendok plastik menjadi dampak buruk pada lingkungan. Kini jangan lekas membuat sendok plastik yang sudah selesai digunakan. Limbah sendok plastik yang sudah tidak terpakai bisa dikumpulkan untuk dibuat kerajinan yang menarik.

Selain menghasilkan kerajinan yang menarik, membuat kerajinan dari sendok plastik juga dapat mengurangi limbah sendok plastik di lingkungan. Juga sangat berguna karena mengubah limbah menjadi benda bernilai jual dan seni yang tinggi.

2. Kuat dan Tahan Lama

Sendok plastik selain dimanfaatkan sebagai alat makan yang praktis juga bisa juga dijadikan sebagai bahan pembuat kerajinan yang menarik. Kerajinan yang terbuat dari sendok plastik menjadi kerajinan yang kuat dan tahan lama. Karena bahan plastik sejak awal dikenal sebagai material yang kuat sehingga banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

3. Mudah Ditemukan

Banyaknya toko-toko yang menjual sendok plastik membuat sendok plastik menjadi salah satu bahan pembuat kerajinan yang mudah ditemui. Harga sendok plastik juga sangat murah sehingga kemudian banyak yang menggunakan sendok plastik untuk berbagai keperluan.

Limbah sendok plastik juga banyak ditemukan sebagai limbah karena dibuang begitu saja setelah selesai digunakan. Sendok plastik bisa dikatakan sebagai salah satu benda yang bermanfaat dalam kehidupan.

Sendok plastik yang praktis juga menjadi alasan mengapa orang yang membeli makanan memilih untuk menggunakan sendok plastik dibanding sendok dari besi. Selain itu adanya sendok plastik yang praktis membuat manusia bisa langsung membuangnya begitu selesai digunakan.

Namun, keberadaan limbah sendok plastik menjadi dampak yang buruk bagi lingkungan. Limbah-limbah sendok plastik yang ada di lingkungan menjadi menumpuk. Padahal limbah sendok plastik ini bisa menjadi bahan kerajinan yang sangat menarik dan bermanfaat. Membuat kerajinan dari sendok plastik juga bisa mengajarkan anak untuk lebih kreatif.

Scroll to Top