Kerajinan Dari Gips

Kerajinan Dari Gips – Kerajinan dari gips sebenarnya banyak dijumpai dalam keseharian, namun kebanyakan orang tidak tahu bahwa kerajinan itu berasal dari gips. Gips sendiri merupakan bahan lunak yang termasuk bahan kimia yang diolah manusia dan tentunya tidak alami.

Bahan ini dibuat dengan tujuan agar mendapatkan efek duplikat yang menyerupai bahan – bahan alam.  Gips biasanya juga dicampur dengan jenis bahan baku yang lain untuk membuat sebuah kerajinan yang memiliki nilai seni yang tinggi.

Di Indonesia sendiri, bahan gips ini banyak digunakan untuk membuat produk kerajinan yang memiliki corak budaya yang khas. Selain itu, gips ini juga dibuat dengan bentuk yang berbeda – beda untuk menunjukkan keberagaman budaya Indonesia.


Pengertian Kerajinan Gips

Pengertian Kerajinan Gips

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahan gips merupakan bahan non alam yang berasal dari pengolahan manusia. Bahan gips mengandung mineral yang tidak mudah larut dalam air. Teksturnya yang padat membuatnya bertahan lebih lama dari pelapukan.

Gips memiliki kandungan lain seperti zat hidrat kalsium sulfat yang bisa saja terlepas saat proses pengerasan. Oleh karena itu, tidak heran jika gips akan mengalami peningkatan suhu pada saat proses pengerasan terjadi.

Karena sifatnya yang mudah mengeras, bahan gips ini harus melalui proses pencairan terlebih dahulu sebelum digunakan. Melalui proses pencairan inilah nantinya gips dapat dengan mudah dibentuk menjadi sebuah kerajinan yang diinginkan.


Kerajinan Berbahan Gipsum

Kerajinan Berbahan Gipsum

Kerajinan dari gips banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia karena cukup mudah dibentuk menjadi sebuah kerajinan. Bahan – bahan yang diperlukan dalam pembuatannya pun cukup mudah diperoleh. Berikut beberapa kerajinan yang dihasilkan dari penggunaan gips.


1. Patung Dari Gips

Patung Dari Gips

Bahan gips bisa dikatakan sebai bahan yang lunak dan mudah dibentuk. Oleh karena itu banyak seniman di Indonesia yang menggunakan bahan ini sebagai bahan dasar dalam pembuatan kerajinan khususnya dalam seni pahat.

Banyak yang membandingkan gips dengan kayu dalam seni pahat. Kedua bahan ini tentu sangat berbeda khususnya dalam hal tekstur. Kayu memiliki tekstur yang lebih padat dan keras dibandingkan dengan bahan dari gips.

Gips banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan yang memiliki bentuk relief seperti patung. Selain itu, gips juga dibentuk menjadi sebuah ornament dengan berbagai model. Berikut cara pembuatan patung sebagai kerajinan dari gips.


2. Ornamen Rumah Dari Gips

Ornamen Rumah Dari Gips

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gips merupakan bahan yang tidak mudah larut apabila telah mengalami pengerasan. Hal ini sangat berguna dalam pembuatan suatu kerajinan yang menarik termasuk ornament rumah untuk menambah nilai estetika hunian.

Untuk membuat kerajinan ornament rumah menggunakan bahan gips tidak terlalu sulit karena hanya melalui teknik pencetakan. Bahan – bahan yang dibutuhkan juga bisa diperoleh di rumah dan beberapa didapatkan dari toko bahan kimia.


3. Celengan Dari Gips

Celengan Dari Gips

Celengan yang biasa ditemui selama ini adalah celengan yang berbahan dasar plastic, tanah liat, atau kaleng. Banyaknya celengan yang diperjualbelikan dengan berbagai jenis dan bentuk yang menarik sehingga banyak diincar konsumen.

Selain dibuat dari plastic, tanah liat dan kaleng, celengan juga bisa dibuat dari bahan gips. Gypsum atau gips lazimnya dikenal masyarakat Indonesia dengan sebutan semen putih. Hal ini karena tektsrunya memang seperti semen namun memiliki warna yang putih bersih.

Untuk menambah inspirasi mengenai kerajinan dari gips berbentuk celengan bisa melihat berbagai bentuk celengan umumnya. Tidak usah khawatir akan kesulitan karena pembuatan celengan dari bahan gips ini sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.


4. Topeng Dari Gips

Topeng Dari Gips

Topeng yang merupakan salah satu kerajinan dari gips bukan hal yang asing di telinga masyarakat di Indonesia. Kerajinan ini dapat dengan mudah ditemukan di pasar – pasar malam atau tempat yang menjual kerajinan. Gips yang mudah didapat membuat kerajinan ini banyak dibuat.

Sama seperti kerajinan – kerajinan dari gips yang lain, pembuatan topeng ini menggunakan teknik pencetakan. Para seniman biasanya membuat cetakan khusus untuk mencetak campuran gips. Sedangkan untuk mempercantik digunakan teknik pahatan.

Hingga kini kerajinan ini masih eksis ditengah tengah masyarakat pada zaman serba modern ini. Biasanya pembuatan topeng dari gips dijadikan sebagai tugas sekolah oleh tenaga pendidik. Hal ini sebagai jalan melestarikan budaya asli Indonesia.


5. Pot Bunga Dari Gips

Pot Bunga Dari Gips

Kerajinan dari gips yang juga bisa dibuat sendiri di rumah adalah pot bunga. Kebanyakan pot bunga yang didapati selama ini adalah pot bunga yang berbahan dasar tanah liat atau plastic. Namun pot bunga juga bisa dibuat dengan memanfaatkan bahan gips.

Tekstur yang dihasilkan gips yang mirip dengan semen membuat bahan ini sangat cocok untuk pembuatan pot bunga. Bahan ini juga tahan lama seperti semen pada umumnya. Untuk mendapatkan gips juga tidak sulit.

Untuk pembuatannya sendiri bisa dilakukan dengan teknik pencetakan. Pencetakan bisa dilakukan dengan mengambil pot plastic sebagai cetakan. Hasil dari pencetakan ini juga bisa dipercantik dengan pemberian warna jika tidak ingin tampilan pot yang putih polos.

 


6. Gantungan Kunci Dari Gips

Gantungan Kunci Dari Gips

Kerajinan dari gips yang juga tidak kalah uniknya adalah gantungan kunci. Gantungan kunci ini biasanya digunakan sebagai hiasan pada kunci. Gantungan ini juga biasa digunakan sebagai tanda pengenal terhadap suatu barang yang dimiliki.

Kerajinan ini banyak diperjual belikan di berbagai toko aksesoris atau toko kerajinan. Selain itu kerajinan ini juga bisa dijumpai di toko online dengan harga terjangkau. Namun jika ingin membuatnya sendiri maka lebih baik lagi.

Pembuatannya sendiri masih sama seperti pembuatan kerajinan dari gips lain yaitu dengan teknik pencetakan. Ukuran cetakan yang digunakan lebih kecil dan pastikan untuk memilih cetakan yang unik untuk hasil yang unik pula.


7. Asbak Dari Gips

Asbak Dari Gips

Satu lagi kerajinan dari gips yang bisa dicoba adalah asbak. Wadah untuk menampung rokok yang biasanya terbuat dari kaca ini ternyata bisa dibuat menggunakan gips. Tentu saja fungsi yang diberikan sama namun estetika yang berbeda.

Sebenarnya asbak yang berwarna putih polos terlihat lebih elegan menghiasi meja di rumah. Namun beberapa orang mengkhawatirkannya karena cepat kotor. Oleh karena itu sebaiknya asbak ini diberi warna setelah pencetakan.

Asbak dari gips ini juga tahan lama digunakan. Materialnya yang erat dan padat seperti semen membuat strukturnya lebih kokoh. Meskipun begitu, asbak ini tetap harus selalu diperhatikan jangan sampai jatuh dan bisa saja pecah.

Salah satu kelemahan dari penggunaan bahan gips sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan adalah mudah pecah. Oleh karena itu, penggunanya harus ekstra hati – hati dalam menjaga kerajinan berbahan gips, jangan sampai terjatuh dan pecah.

Nah demikianlah pembahasan mengenai kerajinan dari gips yang dibahas pada kesempatan kali ini. Semoga pembahasan ini dapat menambah wawasan khususnya dalam pembuatan kerajinan berbahan dasar gips serta memberi manfaat untuk pembaca.

Scroll to Top