6 Daftar Harga Pasir Cor untuk Bangunan yang Kuat dan Kokoh !!

Ingin Tahu Berapa Harga Pasir Cor untuk Bangunan? Berikut Informasi Kami !!

Berikut merupakan sajian informasi tentang jenis beserta harga pasir cor, untuk bangunan rumah yang kuat dan kokoh. Yuk baca sampai selesai !!

Harga pasir cor berkisar dari ribuan hingga jutaan rupiah, tergantung kuantitas yang dibeli. Sebelum Anda membeli pasir, sebaiknya Anda memahami jenis-jenis pasir yang ada di pembahasan berikut.

Nah, untuk Anda yang belum paham tentang jenis beserta harga pasir cor, sebaiknya Anda perlu tahu terlebih dahulu. Supaya tidak salah dalam membeli jenis pasir apa yang baik.

Berikut penjelasan kami terkait informasi tentang jenis dan harga pasir cor untuk bangunan yang belum dipahami, yakni sebagai berikut ini.

Apa Itu Pasir Cor?

Apa Itu Pasir Cor?

Pasir adalah salah satu komponen bangunan yang berasal dari debu letusan gunung berapi atau hasil pelapukan batu kapur. Inilah yang disebut sebagai pasir gunung dan pasir pantai.

Umumnya butiran pasir berukuran 0,5 mm sampai 2 mm. Warna dari pasir berasal dari material pembentuknya, misalnya pasir pantai memiliki warna yang lebih cerah karena batu kapur.

Alasan dipilihnya pasir sebagai material konstruksi bangunan adalah karena kandungan tanah atau lumpur yang sedikit dan tidak berpotensi menjadi media tumbuhan.

Daftar Harga Pasir Cor untuk Bangunan

Daftar Harga Pasir Cor untuk Bangunan

Tadi adalah penjelasan seputar jenis-jenis pasir. Selanjutnya, Anda wajib tahu harga terbaru pasir cor sebelum Anda membelinya di toko bangunan. Berikut adalah rincian harga pasir buat cor agar lebih jelas:

1. Harga Pasir Hitam Cor

Berikut adalah daftar harga pasir cor untuk bangunan berdasarkan jenis-jenisnya, adapun harga yakni sebagai berikut ini.

Jenis pasirSatuanUkuranHarga
Pasir hitam corKubik7Rp. 2.500.000
Pasir hitam bebas lumpur dan kotoranKubik8Rp. 2.850.000
Pasir laut hitamKubik8Rp. 2.260.000
Pasir ayak hitamKubik10Rp. 2.420.000

2. Harga Pasir Per Kubik

Untuk harga pasir cor per kubik mungkin terbilang beda, karena semua itu menyesuaikan harga atau jenis pasir yang akan digunakan, untuk harganya sendiri sebagai berikut ini.

Jenis pasirSatuanUkuranHarga
Pasir putih bangkaKubik1Rp. 250.000
Pasir cileungsiKubik1Rp. 187.000

3. Harga Pasir untuk Cor 1 Truk

Jika Anda ingin membeli pasir untuk bangunan cor dengan banyak menyesuaikan per isi truk, maka berikut daftar harga pasir cor satu truk yang perlu Anda ketahui, yakni sebagai berikut ini.

Jenis pasirSatuanUkuranHarga
Pasir pasangTruk1Rp. 2.350.000
Pasir betonTruk1Rp. 2.070.000
Pasir splitTruk1Rp. 2.100.000
Pasir putih bangkaTruk1Rp. 1.450.000

4. Harga Pasir Per Kg

Untuk harga pasir dengan hitungan per Kilo, mungkin terbilang agak murah, akan tetapi jika butuhnya banyak, maka saran kami belilah yang sekalian satu truk biar harga  bisa lebih terjangkau.

Untuk harga pasir cor per Kilo untuk bangunan kecil lainnya, yang perlu Anda ketahui yakni sebagai berikut ini.

Jenis pasirSatuanUkuranHarga
Pasir munduKg1Rp. 4.000
Pasir putih bangkaPick up1Rp. 590.000

5. Harga Pasir 1 Pick Up

Jika Anda ingin membeli pasir cor dengan banyak satu pick up, akan tetapi Anda belum tahu berapa harganya.

Maka, dibawah ini daftar harga pasir cor per satu pick up, yang perlu Anda ketahui yakni sebagai berikut ini.

Jenis pasirSatuanUkuranHarga
Pasir hitam corPick up1Rp. 600.000
Pasir putih bangkaPick up1Rp. 590.000

6. Harga Pasir Murah untuk Semua Bangunan

Harga pasir murah tentu banyak orang yang menginginkannya, akan tetapi Anda tentu belum tahu murahnya berapa?

Agar lebih tahu berikut akan kami berikan tabel daftar harga pasir beserta jenisnya, adapun harganya sebagai berikut ini. 

Jenis pasirSatuanUkuranHarga
Pasir putih lampungKubik9Rp. 2.230.000
Pasir rangkasKubik7Rp. 2.100.000
Pasir putih bangkaKubik7Rp. 2.700.000
Pasir munduKubik8Rp. 2.360.000
Pasir cimangkokKubik8Rp. 2.810.000
Pasir belitungKubik7Rp. 2.120.000
Pasir jawilanKubik8Rp. 2.330.000
Pasir jebrod/jebrotKubik8Rp. 2.480.000
Pasir hitam cimalakaKubik8Rp. 2.800.000
Pasir ayak hitamKubik10Rp. 2.670.000
Pair UrungKubik10Rp. 2.050.000

Ciri-Ciri Pasir Cor Standar SNI

Pasir yang berkualitas adalah pasir yang mengacu pada SNI. Untuk kejelasan lebih detail, Anda bisa memperhatikan ciri-ciri pasir berkualitas berdasarkan SNI nomor S-04-1998-F:28 berikut:

  1. Tidak mengandung lumpur atau tanah lebih dari 5%. Biasanya pasir mengalami proses pencucian untuk mengurangi kadar lumpur atau tanah.
  2. Bukan merupakan pasir yang diambil dari laut.
  3. Memiliki butiran pasir yang tajam dan tidak mudah rapuh. Indeks kekerasan pasir yang baik adalah kurang dari 2,2.
  4. Jika diuji dengan Natrium Sulfat, pasir akan hancur maksimal sebesar 12%, atau jika diuji menggunakan Magnesium Sulfat, titik maksimum kehancuran adalah 10%.
  5. Tidak terdapat kandungan bahan organik yang berlebihan. Untuk mengetahui kadar bahan organik, Anda bisa melakukan tes uji warna Abrans-Harder dengan menggunakan larutan NaOH sebesar 3%.
  6. Gunakan spesi dan agregat untuk plesteran dinding yang sesuai dengan pasir cor yang digunakan.
  7. Butiran pasir memiliki tingkat modulus kehalusan sekitar 1,5 sampai 3,8.
  8. Butiran pasir terdiri atas butiran yang cukup beragam.
  9. Beton yang berkualitas di atas rata-rata akan menghasilkan reaksi negatif jika diuji dengan larutan alkali.
  10. Pasir berada di ambang batas gradasi pasir yang baik.

Macam-Macam Pasir Cor untuk Bahan Bangunan

Macam-Macam Pasir Cor untuk Bahan Bangunan

Pasir memang material bangunan yang sangat penting dan memiliki peran yang sulit digantikan dalam dunia konstruksi. Ternyata, pasir memiliki jenis yang banyak.

Jadi, Anda jangan sampai salah pilih jenis pasir yang hendak digunakan. Layaknya semua hal, masing-masing jenis pasir memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

1. Pasir Sungai

Pasir sungai memiliki ciri warna yang kecoklatan dan butirannya halus. Pasir jenis ini diambil dari tepian sungai, lalu diolah lebih lanjut. 

Jika dinilai dari kemampuan menyerap kelembaban, maka pasir sungai memiliki kelebihan akan hal itu. Sayangnya, daya tahan pasir sungai tidak sebaik daya tahan jenis pasir lainnya.

2. Pasir Pasang

Pasir pasang sering disebut sebagai pasir putih atau pasir halus. Anda bisa langsung mengenali pasir jenis ini dari warnanya yang terang dan terang. Ideal jika digunakan sebagai agregat bangunan.

Biasanya pasir pasang digunakan untuk pengerjaan konstruksi yang berhubungan dengan beton, tras, dan mortar. Hampir sebelas dua belas dengan fungsi pasir beton.

3. Pasir Beton

Jenis pasir ketiga ini biasa digunakan sebagai campuran semen. Pasir beton terbuat dari hasil olahan kerikil biasa.

Meskipun namanya pasir beton, pasir ini bisa digunakan untuk kebutuhan pipa alas dan pasir untuk menghilangkan es.

4. Pasir Vulkanik

Pasir vulkanik atau pasir gunung adalah pasir yang didapatkan dari hasil aktivitas gunung berapi. Umumnya, pasir vulkanik memiliki warna yang lebih gelap.

5. Pasir Batu Hancur

Pasir jenis ini berasal dari batu kapur, batu granit atau mineral lainnya. Dalam proses pembuatannya, mineral sengaja dihancurkan agar menjadi butiran kerikil kecil untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Pasir batu hancur banyak dikenal luas karena harganya terjangkau dan nilai komoditas ini cukup tinggi. Umumnya, pasir jenis ini digunakan dalam pembangunan jalan dan konstruksi lainnya.

6. Pasir Merah

Seperti namanya, pasir merah memiliki warna sedikit kemerahan. Kalau dilihat dari segi ukuran, butiran pasir merah memiliki ukuran yang cukup besar, sangat kasar dan berbatu.

7. Pasir Elod

Pasir elod adalah jenis pasir yang memiliki butiran sangat halus. Lebih halus daripada pasir beton atau pasir pasang. Pasir jenis ini seringkali digunakan sebagai komponen bahan pembuatan batako atau hebel.

8. Pasir Plester

Jenis pasir selanjutnya adalah pasir plester. Pasir ini memiliki ukuran yang paling halus di antara semua pasir yang ada di sini. Pasir plester tidak memiliki batuan dan kotoran sama sekali.

Karena itu, pasir jenis ini mengalami proses pengayakan berulang kali agar mendapatkan kualitas yang baik.

9. Pasir Urug

Pasir jenis ini berfungsi sebagai media urugan. Sehingga, kualitas dan tekstur pasir urug tidak terlalu diutamakan. Pasir urug biasanya diambil dari sungai atau sisa hasil ayakan tambang pasir.

Tips Membeli Pasir Cor

Berikut adalah tips yang perlu diingat saat Anda ingin membeli pasir buat cor untuk kebutuhan bahan bangunan Anda.

Adapun tips-tips ketika ingin membeli pasir cor yang perlu Anda ketahui, yakni sebagai berikut ini.

1. Kuantitas

Pastikan Anda mengecek bak truk yang berisi pasir Anda. Jika terdapat balok kayu atau benda-benda tertentu pada bak truk, itu artinya mencoba mengurangi kuantitas pasir dari jumlah yang Anda beli.

2. Kualitas

Ambil dan genggam pasir yang hendak Anda beli. Lalu masukkan tangan Anda ke dalam air. Jika pasir tidak terurai, maka pasir tersebut adalah pasir bagus.

Sebaliknya, pasir yang mudah terurai saat terkena air adalah pasir yang kurang bagus. Sebab, pasir yang membaur dengan air biasanya mengandung ampas yang membuat bangunan mudah keropos.

Sekarang, Anda sudah memiliki pengetahuan tentang jenis dan harga pasir cor. Anda bisa menentukan jenis pasir yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel Terkait

Harga Batako Press
Ukuran Cakar Ayam
Harga Besi Cakar Ayam
Harga Cakar Ayam Bangunan

Untuk selanjutnya, terkait pertanyaan-pertanyaan lainya, silahkan sampaikan pesan Anda melalui kolom pesan yang tersedia di bawah. Terima Kasih.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!