Destinasi Wisata Sendang Asmoro Tuban, Rute Indah Alam & Eksotis !!

Destinasi wisata sendang asmoro tuban – Kabupaten Tuban tidak hanya memiliki tempat wisata berupa pantai atau perbukitan saja.

Namun memiliki tempat wisata lain berupa mata air, salah satunya adalah Sendai Asmoro Tour.

Wisata di Desa Ngino Kabupaten Tuban Kecamatan Semanding ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu dan terkenal baik di dalam negeri maupun mancanegara.

Namun seiring berkembangnya zaman, wisata di kawasan pemukiman dan hutan saat ini semakin banyak mendapat fasilitas dan inovasi.

Tur termasuk air terjun, sungai, goa, mata air, dan banyak lagi.

Nah bagi anda yang ingin berwisata ke Sendang Asmoro, di bawah ini kami akan memberikan informasi tentang Wisata Asmoro Sendeng Tuban yang berubah menjadi wisata keren lebih tepatnya Sendang Asmoro.

Mengenal Wisata Sendang Asmoro Tuban

Destinasi Wisata Sendang Asmoro Tuban

Meski tergolong baru, wisata ini menarik banyak wisatawan setiap harinya.

Karena berbagai fasilitas rekreasi, hampir semuanya sangat populer di kalangan wisatawan. Wahana apa ini? Kita akan membahasnya di subjudul berikutnya.

Wisata Sendang Asmoro diresmikan pada tanggal 2 Oktober 2017 oleh tim penggerak PKK Kabupaten Tuban yang bermarkas di Desa Ngino Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban.

Konon nama Sendang Asmoro berarti kolam tempat kisah cinta leluhur pada zaman dulu. Kolam renangnya sangat besar, dan air di tengahnya berwarna hijau.

Air untuk perjalanan ini berasal dari sumber alami, jadi tidak heran udaranya sejuk. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berfoto sepuasnya di sana, karena sudah banyak spot foto menarik yang layak untuk dicoba.

Siapa sangka Sendang Asmoro ini dulunya digunakan sebagai tempat berkemah sebelum ditetapkan sebagai objek wisata.

Dengan berkembangnya pariwisata, kini banyak warga sekitar yang menghasilkan uang sebagai pengelola kepala desa dan warga desa Ngino.

Sejarah Sendang Asmoro Tuban

Sedikit yang diketahui tentang asal usul Sendang Asmoro. Untuk itu agar para wisatawan atau warganet mengetahui asal muasal Sendang Asmoro akan kami bahas disini asal muasalnya.

Perjalanan baru ke desa Ngino Tuban ini memiliki cerita masa lalu yang menjadi latar belakang terbentuknya Sendang. Menurut sesepuh desa, asal usul medium Asmoro Tuban ini sebelumnya disebut pepunden.

Dahulu kala, ada sepasang suami istri bernama mbah Nginasari dan kakak mbah Raden Isman, kedua tokoh ini adalah sesepuh desa Ngino, mereka berjuang demi babat untuk mendirikan desa Ngino.

Singkat cerita, salah satu warisannya adalah sendang yang dahulu bernama Sendang Ngino.

Dari kisah perjuangan tersebut, kader desa setempat bersepakat untuk melanjutkan kisahnya dengan membangun Wahana Wisata Sendang Asmoro.

Rute Wisata Sendang Asmoro Tuban

Wisata Sendang Asmoro memang wisata di tengah desa, jadi tidak terlalu kentara dari jalan utama kecuali ada penunjuk jalan. Tapi jangan khawatir, jalan utama sudah ditandai.

Memang petunjuk untuk wisata ini masih sedikit, namun suatu saat pemda pasti akan segera menambahkannya untuk memudahkan wisatawan berkunjung ke Sendang Asmoro.

Namun, Anda tetap bisa menempuhnya dari pusat kota Tuban. Jaraknya cukup jauh dari kota Tuban, sekitar 12 km, namun masih bisa kita capai dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Seperti rute di bawah ini.

1. Dari arah Kota Tuban silahkan menuju ke arah Jalan Semanding.

2. Lalu lurus ke Jalan Raya Mining.

3. Dari sana Anda bisa terus lurus sampai Anda melihat tanda desa Ngino.

4. Kemudian lanjutkan jalan hingga memasuki Jalan Dermawuharjo.

5. Sesampainya di sana, kita bisa bertanya lagi kepada orang-orang di sekitar kita.

Harga Tiket Sendang Asmoro

Harga tiket wisata Sendang Asmoro sangat terjangkau. Kita tinggal memasukkan tangan ke dalam saku, tidak perlu terlalu dalam.

Hanya Rp. 10.000 dari kita dapat bermain dan menikmati setiap perjalanan. Menariknya, tidak ada batasan waktu berkunjung selain jam tutup.

Sedangkan biaya parkir kami hanya Rp.2000 untuk kendaraan roda dua. Tempat parkir mobil cukup luas dan ada atapnya sehingga kendaraan yang kita tinggalkan tidak kepanasan. Plus, ada penjaga parkir sendiri.

Wahana Menarik di Sendang Asmoro

Selain keren dan asri, kita juga bisa menikmati berbagai wahana di sana. Wahana apa ini?

1. Wahana Kolam Renang Anak

Wahana wisata sendang asmoro terdapat pula sebuah kolam renang anak dimana anak-anak bisa bersenang ria bersama keluarga.

Ini adalah salah satu bentuk kasih sayang mereka kepada anak-anak mereka dengan memberikan mereka air. Selain itu, Anda juga bisa bersenang-senang dengan teman-teman Anda.

Seperti kiddie pool di Sendang Asmoro, ini merupakan salah satu wahana yang paling ramai, terutama untuk anak-anak. Namun ada juga orang dewasa yang bisa mengasuh anaknya.

2. Wahana Bebek Air

Selain kolam renang ada juga wisata unik wahana bermain bebek air, sehingga anda menikmati bareng keluarga hanya biaya Rp. 10.000.

Jika anda sedang berkunjung di area wisata sendang asmoro tuban, jangan lupa cobaik permainan yang satu ini.

3. Rumah Baca

Selain bermain, di area wisata sendang asmoro kita juga bisa membaca buku di sini. Mungkin cobalah membaca buku setelah Anda bosan mengendarai teal.

Tempatnya keren juga, jadi enak buat baca buku. Apalagi ada toko-toko kecil yang menjual segala macam makanan dan minuman di sekitar, yang pasti akan lebih seru.

4. Gazebo

Siapa bilang Sendang Asmoro hanya tempat bermain dan membaca. Beberapa gazebo juga disediakan untuk menikmati pemandangan setelah seharian makan dan bermain.

5. Wahana Flying Fox

Ada juga wahana yang cukup ekstrim di sini. Dengan bermain Flying Fox, kamu bisa menikmati pemandangan Sendang asmoro dari atas. Selain itu, juga bisa melatih keberanian kita untuk mendaki tinggi.

6. Outbound Rekreasional

Recreational Outbound merupakan kegiatan outdoor yang dirancang untuk refreshing, kegiatan rekreasi outdoor bersifat menyenangkan, mengedepankan kebersamaan, keakraban, dan manajemen stress.

Kegiatan ini biasanya dilakukan 1-2 kali dalam setahun oleh masing-masing perusahaan atau instansi pemerintah.

Adapun jenis perjalanan ini, Anda dapat menghabiskan satu hari, dua hari dan satu malam (menginap).

Harga paket outbound santai untuk 1 hari mulai dari Rp. 100.000 menjadi Rp. 150.000 masing-masing, dengan setidaknya 50 direncanakan untuk wilayah Tuban.

Kemudian untuk prosedur selain Tuba, ada biaya tambahan berdasarkan biaya yang diperlukan.

Akhir Kata

Demikianlah akhir dari sedikit pengetahuan tentang wisata mata air terindah Tuban Sendang Asmoro, semoga dari artikel ini bisa memberikan pengetahuan bagi anda yang ingin mengunjungi wisata sendang asmoro tuban.

Syukur-syukur dapat menambah pengunjung menjadi banyak pengetahuan dan  semakin cinta akan keindahan alam yang di wisata sendang asmoro. Terima Kasih.! 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *