120+ Ide Nama Usaha Percetakan, yang Bagus, Unik dan Hoki

Sedang mencari Nama Usaha untuk Percetakan? Berikut rekomendasi kami !!

Berikut merupakan sajian konten yang memberikan ide rekomendasi tantang Tips sukses beserta contoh ide nama usaha percetakan. Yuk baca sampai selesai !!

Mencari ide nama usaha percetakan memang lebih sulit dibandingkan usaha kuliner yang sifatnya netral. Karena berkaitan dengan teknologi digital, maka pemilihan namanya juga harus tepat dan sesuai. 

Meski sekilas pemilihan nama tidak terlalu penting, nyatanya banyak percetakan terkenal saat ini yang berhasil dikenal masyarakat luas karena nama usahanya memiliki potensi marketing yang baik.

Nah, bagi Anda yang saat ini ingin mendirikan bisnis percetakan, akan tetapi Anda masih bingung dalam menentukan nama usaha percetakan apa yang baik dan bagus.

Maka, berikut akan kami berikan contoh ide nama usaha percetakan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam membangun usaha bisnis, adapun nama-nama bisnis percetakan tersebut adalah sebagai berikut ini.

Tips Memilih Nama Usaha Percetakan yang Bagus

Tips Memilih Nama Usaha Percetakan yang Bagus

Nama tidak hanya membantu publik untuk mengenal usaha percetakan yang dibuka. Lebih dari itu, nama usaha percetakan juga berperan sebagai marketing pasif yang mampu menarik konsumen.

Kalau Anda merasa kesulitan dalam membuat nama usaha yang bagus dan memiliki daya tarik, beberapa tips berikut bisa diterapkan. .

1. Gunakan Nama yang Bagus dan Unik

Nama yang unik memiliki potensi lebih besar untuk terkenal dan dikenal masyarakat. Pada usaha percetakan yang baru buka, biasanya nama akan menjadi bagian pertama yang dilirik orang saat lewat.

Setelah nama barulah harga dan faktor pendukung lainnya. Untuk itulah, nama usaha sebisa mungkin dipilih yang unik dan tidak  mirip dengan nama usaha lainnya.

Pemilihan nama yang memiliki kemiripan dengan usaha lainnya bisa membuat publik salah paham, bahkan ada juga yang berujung pada tuntutan hak cipta.

Bisa saja percetakan yang baru buka langsung mendapat citra buruk karena namanya mirip dengan usaha lainnya yang sudah lebih dulu mendapat citra buruk.

Sebaliknya ketika usaha lain yang namanya mirip memiliki citra yang baik, bisa saja usaha percetakan yang baru buka ini dianggap meniru-niru oleh publik.

2. Pilih Nama yang Mudah Diingat dan Diucapkan

Unik bukan berarti susah dihafalkan dan diingat. Terkadang ada beberapa pemula yang sengaja membuat nama usaha percetakan yang sulit agar lebih unik dan tidak ada yang menyamainya.

Padahal, nama yang sulit juga menghambat masyarakat untuk mengenali usaha karena sulit dilafalkan. Terlebih ketika terlalu banyak menggunakan bahasa dan ejaan asing yang jarang dikenal.

Nama yang sulit diingat juga menghalangi proses pemasaran dari mulut ke mulut. Pelanggan yang merasa puas dengan layanan percetakan kesulitan merekomendasikan dengan orang lain karena lupa namanya.

Ini akan sangat merugikan pemilik usaha dan menghilangkan peluang yang seharusnya didapatkan secara gratis tanpa proses pemasaran.

3. Familiar untuk Semua Kalangan

Sebagian besar pelanggan dari usaha percetakan berasal dari kalangan akademisi dan orang yang berada di lingkungan pendidikan.

Tapi pelanggan jenis ini sifatnya tidak mutlak, karena dalam kepentingan tertentu, masyarakat umum juga membutuhkan percetakan untuk memenuhi kebutuhannya.

Misalnya untuk memenuhi berkas lamaran kerja, kepentingan kependudukan, registrasi pemerintahan dan masih banyak lagi.

Jadi, sebisa mungkin untuk tetap memilih nama usaha percetakan yang familiar untuk semua kalangan masyarakat, baik kalangan akademisi ataupun masyarakat awam.

4. Memiliki Makna yang Baik

Semua jenis usaha termasuk percetakan juga harus memiliki makna yang baik. Walaupun gampang diingat dan diucapkan, makna yang buruk juga bisa menjadi doa yang buruk untuk kelangsungan usaha.

Untuk itulah dibutuhkan pemilihan nama yang memiliki arti baik sehingga bisa menyelipkan harapan dan doa baik juga dibaliknya. Apalagi ketika banyak orang dan pelanggan yang menyebut-nyebutnya.

Pemilihan nama usaha dengan arti yang baik ini sebenarnya menjadi rahasia umum para pengusaha untuk sukses menjalankan bisnisnya.

Arti dan doa yang baik bisa diambil dari berbagai bahasa dan istilah asing. Kalau perbendaharaan kata terbatas, tidak ada salahnya memakai bahasa khas daerah setempat yang familiar dan baik artinya.

5. Sesuai dengan Jenis Usaha

Usaha percetakan berkaitan dengan jasa mencetak berbagai dokumen atau gambar dalam kertas yang telah ditentukan ketebalannya.

Beberapa hal pendukung yang berkaitan dengan usaha ini adalah kualitas cetakan, kecepatan proses, kelengkapan jasa, hingga kesesuaian harga yang ditawarkan.

Agar nama bisnis sesuai dengan jenis usaha percetakan yang akan dijalankan, bisa dipilih yang sesuai dengan beberapa faktor pendukung tersebut.

Misalnya memilih nama Cepat Printing yang berkaitan dengan kecepatan proses mencetak dokumen, ataupun inspirasi nama lainnya. 

6. Bisa Menggunakan Nama Orang

Pemilihan nama usaha yang paling mudah memang dengan memakai nama pemilik usaha atau nama-nama orang terdekat yang berharga bagi pemilik usaha.

Usaha printing atau percetakan yang sifatnya netral bisa diberi nama dengan nama laki-laki atau perempuan. Ini berbeda jauh dengan usaha fashion yang biasanya lebih fokus pada nama perempuan.

Adapun penggunaan nama laki-laki pada usaha fashion banyak difokuskan pada pakaian dan perlengkapan laki-laki saja.

Sifat usaha yang netral semakin mempermudah pengusaha untuk membuat ide nama yang menarik. Namun tetap usahakan untuk mengiringi nama orang tersebut dengan kata printing atau percetakan.

Contoh Nama Usaha Percetakan dan Artinya

Contoh Nama Usaha Percetakan dan Artinya

Ada banyak sekali inspirasi nama yang bisa digunakan untuk usaha percetakan. Tentu saja nama-nama tersebut harus dipilih yang memiliki arti baik dan sesuai dengan keinginan pemilik usaha.

Tidak heran kalau sebagian besar nama usaha sengaja dibuat sendiri demi menyesuaikan antara harapan dan doa pemiliknya.

Apabila menggunakan nama yang direkomendasikan orang lain atau mencari di internet, tetap wajib mengetahui artinya.

Jika artinya baik dan sesuai, barulah bisa digunakan pada usaha percetakan yang akan dibuka. Sebagai tambahan inspirasi, berikut contoh nama usaha percetakan beserta artinya yang bisa digunakan.

  • Lancar Jaya

Nama usaha percetakan Lancar Jaya memiliki arti sekaligus doa dari pemiliknya, agar kelak usaha yang dibuka selalu lancar tanpa banyak hambatan dan terus berjaya meski banyak pesaing.

  • Aksara Abadi

Percetakan berkaitan dengan huruf atau aksara yang ditulis dan dicetak dengan tinta. Aksara Abadi berarti perusahaan yang mencetak tulisan ini akan abadi dan terus eksis di masyarakat.

  • Berkah Abadi

Berkah Abadi artinya usaha yang membawa berkah bagi pemilik usaha dan pelanggannya, serta abadi atau tetap berdiri dalam waktu yang lama.

  • Sentosa Printing

Sentosa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti aman dan bebas dari segala macam kesukaran dan permasalahan.

Harapannya agar percetakan ini aman baik dari segi mesin cetak yang digunakan ataupun kemajuan usahanya.

  • Faster Printing

Berasal dari bahasa Inggris yang artinya percetakan yang lebih cepat. Baik cepat dalam proses mencetak dokumen ataupun cepat dalam pelayanannya.

  • Rahmad Jaya

Rahmad biasa digunakan pada nama orang yang mengadopsi dari bahasa Arab, artinya karunia dari Allah. Percetakan Rahmad Jaya berarti percetakan yang jaya karena mendapat karunia Allah.

  • Fluente Printing

Fluente printing artinya percetakan yang lancar. Harapannya agar usaha yang dibuka selalu lancar di pasaran dan proses percetakannya juga selalu lancar tanpa hambatan.

  • Seiko Percetakan

Seiko Percetakan artinya percetakan yang sukses. Menggunakan istilah Seiko dari bahasa Jepang yang artinya sukses karena usaha yang dilakukan.

  • Hanbai Abadi

Hanbai Abadi memiliki arti perusahaan percetakan yang abadi dan selalu laris. Dari segi bahasa, keduanya memadukan kata Jepang dan Indonesia sehingga cukup unik dan belum pernah digunakan.

  • Bathi Printing

Nama ini tentu sangat familiar oleh masyarakat Jawa karena bathi mengambil istilah dari bahasa Jawa yang artinya untung. Jadi, Bathi Printing artinya tempat percetakan yang menguntungkan.

1. Ide Nama Usaha Percetakan yang Bagus

Nama usaha percetakan yang baik dan bagus bukan berarti indah seperti nama orang. Lebih dari itu, bagus yang dimaksud adalah baik dari segi makna dan aplikasinya.

Ada beberapa kriteria nama yang bagus untuk usaha percetakan, di antaranya adalah bagus dilihat dari artinya, bagus karena mudah dilafalkan dan diingat, serta bagus karena sesuai dengan jenis usahanya.

Apabila 3 kriteria bagus di atas tidak terpenuhi, maka nama usaha percetakan masih dikatakan belum sempurna dan harus diganti dengan inspirasi nama lainnya.

Berikut beberapa contoh nama yang bagus untuk usaha percetakan dan bisa dipakai atau ditiru sesuai keinginan.

  • Tinta Pena
  • Studio Printing
  • Lima Bintang
  • Nusantara Printing
  • Bright Star
  • Arus Printing
  • Setia Sentosa
  • F7 Printing
  • Maju Bersama
  • Tujuh Mandiri
  • Abadi Aksara
  • Abadi Jaya Cipta Mandiri
  • Abadi Tegal Percetakan
  • Aksara Grafika Kencana
  • Aksaramas Pusaka
  • Alam Dianraya
  • Aldian Citra Setya
  • Asco
  • Avima Grafika
  • Balicitra Inti
  • Beruang Advertising Solusindo
  • Bhima Pesona Indonesia
  • Bintang Sempurna
  • Bintang Timur Semesta
  • Box Indah Gala Sejati

2. Ide Nama Usaha Percetakan yang Unik

Tidak semua nama usaha yang bagus memiliki sifat unik karena terlalu sering dipakai pada berbagai bidang usaha lainnya.

Untuk memastikan keunikannya, Anda bisa menggunakan aplikasi ataupun mengecek langsung menggunakan internet terkait nama-nama yang ingin dipakai.

Ketika ditemukan ternyata nama tersebut sudah terpakai, berarti tidak bisa dikatakan unik. Untuk itulah Anda perlu menyiapkan  lebih dari satu nama usaha sebelum di cek keunikannya.

Bagi yang masih bingung mencari nama usaha digital printing yang unik dan tidak pernah dipakai sebelumnya, bisa mencontoh beberapa rekomendasi nama-nama berikut ini.

  • Top Printing
  • Intro Print
  • Oke Percetakan
  • Super Star
  • Pop Pop Printing
  • Modern Printing
  • Cepat Jadi Printing
  • Lambe Tinta
  • Terobos Printing
  • Music Printing
  • Rumah Printing
  • Letter Mas Printing
  • Java Stores Printing
  • Jaya Laksana Print
  • Jessindo Printing
  • Intiperkasa Printing
  • Kalingga Jaya Printing
  • Karya Cemerlang
  • Kondang Maju
  • Krishna Batara
  • Kurnia Sinar
  • Semesta Printing
  • Laut Selatan
  • Letter Mas
  • Mahkota Jaya
  • Malta Printindo
  • Mandala Intergrafika
  • Masscom Graphy
  • Mega Putra
  • Mega Indah
  • Mitra Selaras
  • Mitracitra Mandiri
  • Mulia Grafika
  • Mitra Multi Printing
  •  Wahyu Abadi Printing
  • Multi Warna Printing
  • Multi Print
  • Neo Kreasi Indah

3. Ide Nama Usaha Percetakan yang Laris

Sekilas nama usaha untuk percetakan terlihat tidak berkaitan dengan laris atau tidaknya usaha yang dibuka. Namun, jika percaya bahwa dalam nama terselip doa tentu saja masih ada kaitannya.

Pemilik usaha bisa menggunakan nama yang mengandung arti laris atau mengandung doa agar usahanya maju serta terus diminati oleh konsumen.

Agar doa-doa yang terselip dalam nama ini terkabul, tentu saja tetap harus diimbangi dengan doa kepada Tuhan sebelum menentukan jenis nama yang akan digunakan.

Dengan kepercayaan ini, tidak heran ketika masih banyak kalangan yang membuat acara syukuran dan doa saat pertama membuka usaha dan memberikan nama pada usaha yang dibuat.

Tentu saja cara ini tidak salah selama harapan dan doa yang dibuat hanya ditujukan pada Tuhan saja. Berikut beberapa inspirasi nama pada usaha percetakan yang bisa laris karena doa dibaliknya.

  • Lestari Printing
  • Maju Jaya Printing
  • Sukses Printing
  • Didol Print
  • Mekar Bersama
  • Laris Printing
  • Panmae Printing
  • Nyawan Printing
  • Bright Grafa Machinery
  • Cahaya Tiga Bintang
  • Champion Print
  • Pacific Indonesia
  • Citra Grafika Pratama
  • Corpedium Offset
  • Crestec Indonesia
  • Crystal Gemilang Indonesia
  • Cyber Pte
  • Damar Ista Ontung
  • Digital Grafika Internusa
  • Dirgahayu Offset
  • Djitoe Asia Offset
  • Dwi Aneka Jaya Kemasindo
  • Eka Limansejati
  • Gama Linggatama
  • Garuda Maju Cipta
  • Garuda Sakti Mandiri
  • Graha Estetika
  • Graha Putra 
  • Harapan Prima
  • Hastaprima Tabikkencana
  • Hora Cipta Jaya
  • Indomas Mandiri
  • Info Cipta

4. Ide Nama Usaha Percetakan yang Islami

Usaha percetakan juga bisa diberi nama yang islami agar harapan dibalik nama tersebut lebih fokus pada pemilik bisnis yang beragama islam.

Meski terlihat religius, penggunaan nama-nama usaha percetakan yang islami bukan menjadi masalah yang besar di Indonesia karena mayoritas masyarakatnya penganut agama islam.

Pemilihan nama percetakan islami bisa menggunakan istilah dari bahasa Arab yang memiliki arti baik dan dekat pada Tuhan.

Bagi pemilik usaha yang tidak beragama islam, tentu bisa membuat nama usaha yang religius dengan mengganti istilah-istilah  islam dan Arab menggunakan istilah dalam agama masing-masing.

Untuk  nama usaha percetakan yang sifatnya religius dari sudut pandang agama islam, bisa dilihat pada contoh di bawah ini.

  • Rizquna Printing
  • Barokah Percetakan
  • Berkah Ilahi Printing
  • Sahih Abadi
  • Siddiq Percetakan
  • Altibajo Ana
  • Masdar Jaya
  • Fatimah Printing
  • Amanah Printing
  • Abdullah Percetakan
  • Madani Printing
  • Umar Percetakan
  • Berkah Printing
  • Rizki Percetakan
  • Fadil Print
  • Arofah Printing
  • Abadi Percetakan
  • Aliya Percetakan
  • Hafidz Printing
  • Anam Printing
  • Fariha Printing
  • Nur Percetakan
  • Fallah Printing
  • Luqman Percetakan
  • Faisal Printing
  • Jamala Printing
  • Fathonah Printing
  • Hasan Percetakan

5. Ide Nama Usaha Percetakan dari Singkatan atau Akronim

Ide nama yang paling mudah dari usaha percetakan adalah menggunakan singkatan. Penggunaan singkatan bisa dari inisial nama pemilik usaha beserta orang-orang yang dianggap berharga.

Sementara penggunaan akronim bisa menggabungkan beberapa suku kata dari istilah atau kata yang mengandung arti baik.

Penggunaan akronim ataupun singkatan ini memang paling mudah digunakan untuk menghasilkan nama yang unik tanpa ada yang menyamainya.

Tapi pastikan untuk menggunakan singkatan yang tidak lebih dari 2 huruf saja. Sementara akronim harus dibatasi menjadi satu kata yang berasal dari 3 sampai 4 suku kata. 

Jika masih bingung dalam menggunakan singkatan dan akronim sebagai nama usaha percetakan, beberapa contoh berikut bisa dipelajari dan diterapkan.

  • Percetakan A3 (bisa menggunakan singkatan 3 seperti Andi, Agung, Anita)
  • Majala Printing (Maju Jaya Selamanya)
  • Persudi Printing (Percetakan Sukses Abadi)
  • CTH Printing ( Cepat Tepat Hemat)
  • APT Printing (Andalan Percetakan Terbaik)
  • NTI Printing (Nirmala Trinti Indonesia)
  • PNJ Printing (Printing Nuh Jaya) 
  • POG Printing (Printing Orijava Grafika)
  • PHL Printing (Printing Bahtera Labelindo)
  • PPP Printing (Printing Panca Pujibangun)
  • PP Printing (Penerbitan Percetakan)
  • PKM Printing (Percetakan Kondang Maju)
  • PDN Printing (Pernik Diva Nirwana)
  • PAP Printing (Prambors Anugerah Pratama)
  • PGP Printing (Prima Grafia Perkasa)
  • PGJ Printing (Putri Gelora Jaya)
  • RIG Printing (Raster Indah Graphic) 
  • PRR Printing (Printing Remaja Rosdakarya)
  • PRJ Printing (Printing Riko Jaya)
  • SGP Printing (Santana Grafika Printing) 
  • PBM Printing (Percetakan Bintang Manunggal)
  • PJU Printing (Printing Jaya Utama)

6. Ide Nama Usaha Percetakan dari Nama Orang

Ide terakhir yang umum digunakan oleh sebagian besar pengusaha kecil hingga menengah adalah menggunakan nama orang. Umumnya nama yang dipakai adalah nama pengusaha itu sendiri.

Namun beberapa orang juga ada yang menggunakan nama keluarganya atau orang yang berperan langsung dalam kemajuan usaha yang dibuka tadi.

Semua nama bisa dipakai pada usaha percetakan selama diiringi dengan kata yang sesuai dengan jenis usahanya. Misalnya diiringi dengan istilah printing atau diawali kata percetakan.

Dengan begitu, nama usaha printing yang diadopsi dari nama orang terdengar cocok untuk jenis bisnis percetakan yang dibuka.

Apabila akan membuka cabang, bisa juga dibelakang nama diiringi dengan lokasi atau tempat usaha yang dibuka. Contohnya adalah:

  • Ibrahim Printing
  • Omar Printing Tukadaya
  • Cahaya Printing Banyubiru
  • Zein Baras Printing
  • Mas Gagah Printing
  • Dian Printing
  • Difa Printing
  • Ahsan Printing
  • Kang Komar Printing
  • Kang Dadan Printing
  • Kang Wahyu Printing
  • Ramadhan Printing
  • Khoir Printing
  • Hizbam Printing
  • Alfian Printing
  • Zidan Printing
  • Alwi Printing
  • Manik Printing
  • Syaid Printing
  • Umar Dhani Printing
  • Mamad Printing
  • Kang Daffa Printing
  • Kang Irul Printing
  • Kang Dul Printing
  • Cak Met Printing
  • Cak Mat Printing
  • Cak Idan Printing
  • Cak Kowor Printing
  • Mas Gigih Printing

7. Ide Nama Usaha Percetakan Online

Beberapa usaha percetakan saat ini juga melebarkan usahanya ke ranah online yang membantu pelanggan mencetak tanpa harus mendatangi tempat percetakan.

Untuk pemilihan nama percetakan yang sifatnya online ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan usaha percetakan offline pada umumnya.

Hanya saja bagian belakangnya biasanya dilengkapi dengan domain yang dipilih sesuai keinginan pengusaha seperti .com, .id, .my.id, hingga .xyz.

Jika memang berencana untuk mengembangkan usaha percetakan ke media online, maka pemilihan nama yang akan dipakai juga harus dibuat lebih simpel untuk menyesuaikan domain yang digunakan.

Usahakan untuk menggunakan 1 hingga 2 kata saja dalam jenis usaha yang dibuka. Tetapi kalau sudah terlanjur, bisa saja memakai nama usaha percetakan offline pada usaha online.

Tapi resikonya orang lebih sulit mengingat alamat websitenya ketika menggunakan nama yang terlalu panjang pada usaha printing online.

Beberapa inspirasi nama usaha percetakan online yang bisa dijadikan contoh adalah sebagai berikut.

  • Xprint.id
  • Zezeprint.com
  • Bulanprinting.id
  • Majalahprint.com
  • Cetakmudah.id
  • Printingonline.com
  • Zafranprint.com
  • Percetakanmedina.co.id
  • Percetakana3.com
  • Cetaksanasini.id
  • Lapakprinting.com
  • printingahsan.com
  • Difaprinting.com
  • Umarprinting.com
  • Ibrahimprinting.com
  • Mamadprinting.com
  • Cakmatprinting.com
  • Cakmetprinting.com
  • Cakmahmudprinting.com
  • Cakprinting.com
  • Kangdulprinting.com
  • Cakirulprinting.com
  • Cakdaffaprinting.com
  • Hatiprinting.com
  • Cintaprinting.com
  • Cariprinting.com
  • Jasaprinting.com
  • Alamprinting.com
  • Jayaprinting.com

Menemukan ide nama usaha percetakan sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan semua orang. Hanya saja, memastikan keunikannya yang terbilang sangat sulit.

Untuk itulah, dibutuhkan kreativitas dan penguasaan bahasa yang sangat luas demi mendukung terciptanya nama usaha percetakan yang simpel, unik, mudah diingat, dan memiliki arti baik.

Artikel Terkait

Ide Nama Bisnis Parfum
Ide nama Usaha Furniture
Ide Nama Usaha Sablon
Ide Nama Bisnis Pakaian

Mungkin itu dia informasi pembahasan tentang ide nama usaha percetakan yang dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam membangun suatu usaha.

Selanjutnya, untuk pertanyaan lainnya, silahkan beri komentar pada kolom dibawah ini. Terima Kasih.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!