Daftar Harga Batu Belah untuk Konstruksi yang Terbaru !!

Apa itu batu belah? Ternyata merupakan serpihan batu besar uang dipecah menjadi ukuran lebih kecil. Harga batu belah juga sangat bervariasi dan bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Batu belah biasanya digunakan untuk kebutuhan konstruksi, terutama sebagai pondasi bangunan sederhana.

Ukuran standarnya adalah 30 mm x 30 mm hingga 40 mm, didapat dari pegunungan atau bukit. Namun, ada juga yang diambil dari sungai dengan kualitas yang relatif sama.

Daftar Harga Batu Belah Terbaru

Daftar Harga Batu Belah Terbaru

Secara berkala, harga batu jenis belah yang tersedia di berbagai daerah mengalami perubahan. Tergantung faktor permintaan dan ketersediaan dari batu tersebut.

 Berikut ini adalah daftar harga batu belah 2022, untuk dijadikan acuan jika Anda mau membeli batu tersebut untuk kebutuhan konstruksi.

NoJumlah Batu dan ArmadaHarga (Rp)
1Batu belah dengan armada truk tronton kapasitas 23 meter kubik4.350.000 – 6.400.000
2Batu belah dengan armada kapasitas 7 meter kubik1.700.000 – 2.250.000
3Batu belah dengan armada dump truck kapasitas 6,5 meter kubik1.600.000 – 1.850.000
4Batu belah dengan armada kapasitas 6 meter kubik1.280.000
5Batu belah dengan armada kapasitas 2,8 meter kubik900.000
6Batu belah dengan armada kapasitas 1 meter kubik225.000 – 400.000
7Batu Belah Pondasi 1 meter kubik standar140.000
8Batu belah kali maksimal 7 meter kubik1.450.000
9Batu belah gunung maksimal 7 meter kubik1.700.000
10Batu belah 24 meter kubik4.850.000

Jenis Batu Belah untuk Bangunan

Jenis Batu Belah untuk Bangunan

Ada beberapa jenis batu belah yang tersedia, mulai dari ukuran besar hingga batu dengan perpaduan komponen yang membuatnya semakin padat dan tahan lama.

Agar tidak bingung untuk memilih, berikut ini beberapa jenis yang sering dipilih sebagai bagian dari material konstruksi dengan harga batu belah per m3 bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

1. Batu Belah 5 mm – 10 mm

Sering disebut dengan nama batu abu, belahannya berukuran sangat kecil antara 5 milimeter sampai 10 milimeter.

Teksturnya relatif lembut sehingga cocok untuk dipakai pada proyek pengaspalan jalan, terutama ketika tidak ada pasir.

2. Batu Belah 20 mm – 20 mm

Ini merupakan jenis batu lebah favorit karena ukurannya yang proporsional, untuk berbagai jenis kegiatan konstruksi.

Mulai dari pembuatan pondasi rumah sederhana, jalan tol, dermaga, gedung bertingkat, sampai landasan untuk pesawat terbang.

3. Batu Belah 20 mm – 30 mm

Beda lagi dengan jenis ini, yang sering dipakai untuk bagian material pengecoran bidang datar atau horizontal seperti lantai dan teras.

4. Batu Pecah 30 mm – 50 mm

Adalah jenis batu belah dengan ukuran variatif antara 30 milimeter hingga 50 milimeter. Sering digunakan untuk proyek pembuatan jalan dan pengerasannya.

Letak batu pecah pada pondasi, ada di bagian paling bawah sebelum jenis batuan lainnya diletakkan.

5. Batu Pasir Batu ( Sirtu)

Adalah jenis batu belah yang terdiri dari dua komponen, yaitu pasir dan juga batu. Untuk mendapatkannya kebanyakan di kawasan aliran sungai.

Fungsi dari batu ini juga akan menjadi pondasi utama bangunan, dengan mengkolaborasikannya dengan batu belah ukuran lebih besar.

Supaya dasar bangunan menjadi lebih kokoh dan siap menerima tekanan tertentu dari bobot bangunan nantinya.

Untuk harga batu belah per truk, tak jauh berbeda dengan batu belah pada umumnya. Bisa dibeli dengan jumlah sesuai yang dibutuhkan sebuah proyek konstruksi.

Fungsi lainnya, adalah untuk menjadi campuran pada beton, kegiatan pengerasan jalan, hingga plester dinding bangunan.

6. Batu Gajah (Boulder Elephant Stone)

Merupakan batu belah, yang memiliki ukuran paling besar dibanding jenis lainnya. Biasanya dipakai untuk membuat cor beton pada bangunan.

Kebanyakan dipakai untuk membantu maksimalitas proyek pembuatan dermaga, reklamasi pantai atau sungai, hingga pembuatan bangunan skala besar.

Fungsi lainnya juga untuk menimbun area lahan, yang akan digunakan sebagai lokasi pembangunan di kawasan pesisir pantai.

Alasannya, kawasan pesisir pantai memiliki tanah tidak stabil sehingga butuh bebatuan untuk menjadi dasar yang akan membuat tanah siap untuk dijadikan area pembangunan.

7. Batu Base Course

Lain lagi dengan jenis batu ini, biasa dipakai sebagai lapisan ketiga setelah batu gajah ditempatkan sebagai pondasi bangunan.

Pada kondisi tanah stabil, setelah batu gajah bisa langsung dilapisi batu jenis ini yang akan langsung terpadu maksimal dengan batu gajah.

Tapi, pada kondisi tanah yang kurang stabil maka base course akan berada setelah batu gajah dan sirtu.

Jika Anda butuh batu ini, bisa mengecek Harga batu alam belah terlebih dahulu. Supaya bisa mempersiapkan anggaran dengan tepat.

Fungsi Batu Belah Untuk Pondasi Bangunan

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Seng Galvalum

Bagi orang awam yang tak kenal konstruksi, tentu batu ini terlihat sama saja dengan batuan lain padahal memiliki banyak fungsi hebat. Diantaranya adalah:

1. Campuran Semen

Untuk membuat pondasi yang kokoh, beberapa jenis batu belah sering dijadikan campuran semen dan pasir.

Agar dapat menemukan komposisi cor yang bagus untuk bangunan, baik untuk rumah sederhana hingga rumah dengan konstruksi rumit sekalipun.

2. Pengecoran

Saat membuat jalan tol, pengecorannya juga menggunakan batu belah jenis tertentu. Agar cor bisa lebih padat, kuat, dan memiliki ketahanan yang lebih maksimal.

3. Bantalan Rel

Batu belah ukuran 20 milimeter ke atas, sering dijadikan bebatuan pada bantalan rel kereta api. Fungsinya, untuk meminimalisir pergeseran rel karena memiliki kekuatan yang maksimal.

Anda akan dengan mudah menemukan batu ini, dimana hampir semua bantalan rel memakainya.

Hal itu disebabkan,  batu ini mudah ditemukan dan harga batu belah putih atau jenis batu belah lain yang dipakai untuk bantalan ini juga sangat beragam.

4. Menempel dan Mengikat Kuat

Dengan tekstur yang kokoh, batu belah bisa menempel dengan kuat pada bagian sekitarnya. Tak salah jika batu ini dijadikan pondasi atau material pembuatan lantai atau dinding.

Ketika dipadukan dengan material lain, batu ini juga akan mengingat kuat komponen di sekitarnya. Alhasil, ketahanan konstruksi akan lebih maksimal.

Keunggulan Batu Belah untuk Bangunan

Keunggulan Batu Belah untuk Bangunan

Tiga keunggulan dari bebatuan ini sangat dirasakan, terutama pada bangunan yang menggunakannya.

1. Tahan Lama

Ketahanan pondasi bagunan akan lebih lama ketimbang penggunaan material lain, bahkan bisa mencapai puluhan tahun untuk kondisi tanah konstruksi yang stabil.

Dengan ketahanan tersebut, tidak dibutuhkan biaya perawatan yang besar untuk menjaga kondisi konstruksi pondasi atau bagian lain yang menggunakan batuan ini.

2. Belahannya Rapi

Ketika dibelah menggunakan alat khusus maupun manual, hasilnya relatif rapi karena pecahan batu mengikuti garis yang ada pada teksturnya.

Sehingga, saat digunakan untuk berbagai kebutuhan akan lebih mudah ditata dengan mudah tanpa harus memecah berulang kali.

3. Mudah Didapat

Sampai saat ini, batu belah merupakan salah satu material konstruksi yang mudah didapat. Baik itu batuan dari pegunungan atau aliran sungai.

Tak perlu harus membeli jauh ke luar daerah, cukup cari penyedia batu yang ada di daerah terdekat.

4. Harga Relatif Murah

Dengan mudahnya batu belah ditemukan, berpengaruh pada harganya yang akan sangat terjangkau.

Sebagai contoh, ketersediaan batu yang cukup membuat harga batu belah di Sukabumi relatif murah bahkan hampir sama dengan daerah lain.

Anda membutuhkan batu belah dengan harga batu belah terjangkau? Cek jenis yang dibutuhkan, lalu tinggal order di toko bangunan terdekat atau via online untuk efisiensi waktu dan tenaga.

Nah, mungkin itu dia informasi terkait harga batu belah untuk bangunan dengan hitungan per truk atau per meter, yang dapat Anda jadikan sebagai rujukan.

Selanjutnya, terkait pertanyaan-pertanyaan lainya, silahkan sampaikan pesan Anda melalui kolom pesan yang tersedia di bawah. Terima Kasih.

Share your love

Leave a Reply

error: Content is protected !!