2 Daftar Harga Batu Gunung untuk Bangunan Terbaru & Terupdate !!

Tahukah Anda, kalau banyak jenis batu yang sering dipakai untuk konstruksi bangunan? Salah satu yang sering dipilih adalah, batu dari pegunungan dengan harga batu gunung bervariasi.

Kalau dibandingkan dengan batu jenis lain, jenis batu gunung memiliki ciri, hingga fungsi yang berbeda.

Jadi sebelum Anda memilih untuk menggunakan jenis bebatuan ini, perluas wawasan dengan informasi berikut.

Harga Batu Gunung Terbaru untuk Pondasi

Harga Batu Gunung Terbaru untuk Pondasi

Berhubung Indonesia memiliki banyak pegunungan, tak salah jika batu gunung cukup mudah ditemukan dan dibeli.

Harganya tergantung pada jumlah batu yang diinginkan, bisa juga disesuaikan dengan kendaraan pengangkutan dari batu tersebut.

Berikut ini, daftar harga terbarunya, baik itu harga batu gunung per m3 maupun harga jika dibeli menggunakan armada tertentu.

NoJumlah Batu GunungHarga (Rp)
1Batu Gunung (1 Truk ukuran 7 meter persegi)1.650.000
2Batu Gunung ( untuk satu meter kubik)175.000
3Batu gunung (Truk kapasitas maksimal 25 meter persegi)2.500.000

Saat ini sangat banyak batu gunung dijual secara online maupun offline. Harga di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu, disebabkan berbagai faktor.

Akan sangat tepat, jika Anda melakukan pengecekan harga terbaru sebelum melakukan pembelian.

Harga Batu Gunung untuk Fungsi Lain

Selain untuk dijadikan pondasi, batu gunung juga memiliki banyak fungsi lainnya. Tergantung jenis dan ukurannya. Berikut ini daftar harganya berdasarkan jenis batu gunung. 

NoJumlah Batu GunungHarga (Rp)
1Batu Basalt untuk kebutuhan konstruksi dan kesehatan (270 gram)320.000
2Batu Basalt untuk terapi (650 gram)145.000
3Batu Andesit (30 x 30) untuk kebutuhan pondasi volume 1 meter kubik165.000
4Batu Gabro tergantung ukuranMulai dari 60.000

Jenis Batu Gunung untuk Bangunan

Jenis Batu Gunung untuk Bangunan

Batu gunung merupakan batu yang asalnya dari gunung, ada beberapa jenis yang sering digunakan. Berikut ini penjabaran lengkapnya, sebagai referensi Anda.

1. Batu Gunung Basalt

Adalah jenis yang pembekuan dan dinginnya lava akibat letusan gunung merapi dan mengandung gas. Tapi, setelah proses pembekuan dan menjadi beku maka gas itu hilang.

Ciri utama dari batu ini, terdapat kristal kehijauan dengan ukuran sangat kecil pada permukaan batu. Ada juga celah kecil berupa lubang yang ada di seluruh permukaannya.

Batu ini sering digunakan untuk bahan baku berbagai jenis industri, terutama untuk dijadikan pondasi bangunan. Mulai dari rumah, gedung, hingga pembuatan jembatan.

Kekokohan dan daya tahannya yang lama, menjadikan batu ini sangat banyak dipilih dan digunakan di dunia konstruksi.

2. Batu Gunung Gabro

Batu ini terbentuk dari pembekuan magma yang terdapat di dalam gunung. Biasanya, memiliki warna abu-abu gelap, hitam, atau hijau.

Strukturnya termasuk kokoh, tidak terdapat retakan, rongga, maupun lobang udara. Tapi, kalau dilihat langsung akan tampak bagian mineral batuan berukuran relatif besar.

Fungsi dari gabro, diantaranya adalah untuk marmer yang melekat pada dinding bangunan. Kemudian bisa juga dijadikan pelapis utama, pada bagian dinding rumah atau gedung.

3. Batu Gunung Andesit

Merupakan batu yang terbentuk dari lava gunung merapi yang sudah meleleh. Bahkan awalnya, temperatur lava tersebut bisa mencapai maksimal 1.100 derajat celcius.

Karakteristiknya adalah, warna abu kehijauan dengan tekstur permukaan cenderung halus. Soal kekuatan juga tak kalah dengan jenis basalt dan jenis batu gunung lainnya.

Fungsinya juga beragam mulai dari bahan dasar nisan, pembuatan arca, pondasi sampai pembuatan candi. Dengan harga batu gunung per kubik yang cukup murah.

4. Batu Gunung Diorit

Batu diorit merupakan salah satu pembentuk pegunungan, dengan warna kolaborasi hitam dan putih. 

Kegunaan dari diorit biasanya adalah untuk dijadikan hiasan pada bangunan, seperti ornamen pada bagian dinding dan lantai.

Ketahanannya lumayan lama, tergantung dimana lokasi penempatan dan sebaik apa perawatan yang dilakukan.

Fungsi Batu Gunung

Selain beberapa fungsi yang sudah dijabarkan sebelumnya, ada juga beberapa fungsi lain dari jenis batu gunung. 

Seperti menjadi material perbaikan jalan, dimana batu ini akan dipecahkan menjadi ukuran lebih kecil lalu dipadukan dengan bahan lain untuk menutupi lubang yang ada di jalan.

Fungsi selanjutnya, menjadi bahan pelengkap untuk adukan cor beton untuk menghasilkan adukan yang tepat. Terutama untuk pondasi dan penutup rangka bangunan.

Ada juga fungsi sebagai timbunan dasar bangunan, ketika akan membuat rumah atau gedung di kawasan dengan kondisi tanah tidak stabil.

Dengan menggunakan batu gunung, maka kondisi tanah akan lebih padat dan siap untuk dijadikan lokasi pembangunan.

Ciri-Ciri Batu Gunung

Ciri-Ciri Batu Gunung

Beberapa ciri utama, melekat pada batu gunung. Baik itu yang dibeli untuk pondasi dengan harga batu gunung untuk pondasi relatif murah.

1. Tergolong Kuat

Batu ini tergolong kuat, makanya cocok dipakai untuk pondasi bangunan. Mulai dari bagunan sederhana hingga gedung.

Tentunya dengan jumlah yang disesuaikan, serta perpaduan komponen lain dengan jumlah yang tepat. 

2. Memiliki Tekstur Relatif Halus

Kebanyakan permukaan bebatuan dari gunung ini memiliki tekstur yang halus, sehingga mudah untuk diolah menjadi berbagai bentuk lain dengan proses pemecah batu.

3. Memiliki Daya Tahan Lama

Berdasarkan pengalaman berbagai pihak di bidang konstruksi dan industri, yang memanfaatkan batu gunung. Dapat informasi bahwa ketahanan batu ini cukup lama.

Tidak salah, jika sering dipakai untuk kebutuhan konstruksi jangka panjang. Kebanyakan, mengaku puas ketika memakainya untuk konstruksi rumah hunian satu tingkat dan sederhana.

4. Memiliki Bentuk yang Padat

Batu ini memiliki kepadatan maksimal, yang membuatnya kokoh ketika dijadikan bahan bangunan dan pemanfaatan lainnya.

5. Harga Terjangkau

Untuk harga batu gunung per truk atau pembelian dengan volume meter kubik armada lainnya, harga batu ini terjangkau, sehingga tidak salah jika banyak yang memilihnya.

Dengan harga yang terjangkau, tentu akan meminimalisir biaya pembangunan jika batu digunakan untuk konstruksi buka.

Trik Hebat Membeli Batu Gunung

Jika Anda memang membutuhkan batu gunung untuk kebutuhan konstruksi atau lainnya, jangan gegabah saat membeli.

Contohnya, mau beli di Makassar dengan harga batu gunung 1 truk di Makassar terjangkau. Perlu lakukan dulu beberapa trik berikut ini.

1. Tentukan Kegunaan

Trik pertama, memastikan apa kegunaan dari batu yang akan dibeli tersebut. Apakah untuk dijadikan material pondasi bangunan atau lainnya.

Dari kegunaan tersebut, bisa disimpulkan jenis batu gunung yang akan dipilih nantinya supaya benar-benar bermanfaat.

2. Tentukan Jumlah

Jumlah batu untuk pondasi, akan beda dengan jumlah batu gunung jika akan dijadikan ornamen pada dinding atau lantai bangunan. 

Oleh karena itulah, dibutuhkan kalkulasi jumlah yang tepat supaya Anda tidak mubazir membeli terlalu banyak. Jangan pula sampai kekurangan batu akibat pembelian lebih sedikit dari kebutuhan.

3. Tentukan Anggaran

Perlu diketahui berapa anggaran pembelian batu karena harga di setiap daerah akan berbeda. Contoh, harga batu gunung di Samarinda akan berbeda dengan di Jakarta atau Aceh.

4. Tentukan Armada

Kalau akan membeli dalam jumlah banyak, pastikan dulu armada pengangkutan batu yang sesuai.

5. Tentukan Tempat Membeli Terpercaya

Saat ini sudah banyak toko online maupun offline yang menyediakan batu gunung. Pilih tempat membeli yang sudah terpercaya.

Mintalah rekomendasi kolega, rekan kerja, atau saudara yang sudah pernah membeli batu jenis tersebut. Supaya, tidak kecewa dengan kualitas dan pelayanan penjual.

Ternyata tidak sulit, untuk mendapatkan batu gunung dengan harga batu gunung yang terjangkau. Tinggal tentukan jenisnya, kenali kelebihan dan lakukan trik membeli yang tepat.

Selanjutnya, terkait pertanyaan-pertanyaan lainya, silahkan sampaikan pesan Anda melalui kolom pesan yang tersedia di bawah. Terima Kasih.

Share your love

Leave a Reply

error: Content is protected !!