Tabel Harga Pasir Beton Satu gerobak yang Terkini !!

Ingin tahu berapa Harga Pasir Satu Gerobak? Berikut referensinya !!

Anda butuh tambahan pasir untuk renovasi rumah? Saat ini tersedia banyak toko material bangunan yang menyediakannya. Mulai dari harga pasir satu gerobak berdasarkan jenis pasir yang dipilih.

Untuk kebutuhan konstruksi, sangat banyak jenis pasir yang tersedia. Bisa dipilih berdasarkan fungsi dari pasir tersebut.

Harganya juga relatif terjangkau, bahkan cenderung stabil terutama untuk jenis yang mudah didapat oleh penyedia material bangunan.

Untuk Anda yang ingin tahu berapa harga pasir satu gerobak khususnya Anda yang ada di kampung. Berikut referensi harga pasir satu gerobak yang perlu diketahui.

Daftar Tabel Harga Pasir Satu Gerobak yang Anda Tahu

Daftar Tabel Harga Pasir Satu Gerobak yang Anda Tahu

Berikut ini tersedia daftar harga pasir Satu gerobak 2022 yang bisa dijadikan acuan, bagi Anda yang memang sedang mencari pasir untuk kebutuhan konstruksi.

NoJenis PasirSatuanHarga (Rp)
1Pasir CileungsiM3190.000
2Pasir CileungsiTruk1.175.000
3Pasir BangkaTruk1.335.000
4Pasir BangkaM3275.000
5Pasir BangkaPick Up560.000
6Pasir MunduTon3.760.000
7Pasir MunduM3250.000
8Pasir MunduPick Up600.000
9Pasir PutihM3200.000
10Pasir CilegonM3190.000
11Pasir Putih RangkasM3220.000
12Pasir Hitam CorM3250.000
13Pasir MerapiM3180.000
14Pasir BatuM3150.000
15Pasir SplitM3190.000
16Pasir Putih Lampung8,5 m3 – 9 m32.650.000
17Pasir Cimangkok8,36 m32.650.000
18Pasir Jawilan8,36 m32.625.000
19Pasir Jebrot8,36 m32.650.000
20Pasir Ayak Hitam10 m32.400.000
21Pasir Bohlam Sukabumi8 m32.400.000

Jenis Pasir yang Sering Dipakai

Jenis Pasir yang Sering Dipakai

Ada beberapa jenis pasir, yang sering digunakan untuk kebutuhan konstruksi. Anda bisa menentukan mana yang tepat untuk pekerjaan pembangunan.

Alasannya, beda kegunaan akan beda pula jenis pasir yang dibutuhkan karena masing-masing punya karakteristik tersendiri.

Begitu juga dengan beda harga pasir putih satu gerobak dengan jenis lainnya. Sehingga perlu informasi tepat soal jenis, supaya penyediaan anggaran bisa benar-benar tepat.

1. Pasir Elod

Adalah jenis pasir yang teksturnya halus, sehingga tidak terlalu melekat ketika dipadukan dengan material lainnya.

Alhasil, untuk kegiatan konstruksi tidak terlalu dianjurkan. Namun, untuk pembuatan batako dan sejenisnya sangat cocok dengan hasil terbaik.

2. Pasir Merah

Merupakan jenis pasir dengan tekstur kasar dan bongkahannya cenderung berbatu. Kebanyakan dipakai untuk bahan tambahan pengecoran pada kegiatan konstruksi.

Pasir ini bisa dibilang mirip dengan pasir jenis beton, tapi untuk warna lebih terang. Biasanya ditemukan di kawasan pegunungan dan perbukitan.

3. Pasir Beton

Yaitu jenis pasir yang paling banyak dipakai oleh para kontraktor, saat melakukan pembangunan rumah, gedung, dan lainnya.

Warnanya hitam sangat pekat, dengan tekstur sangat halus. Ketika dipegang, maka butirannya akan terasa sangat halus.

Mudah dipadukan dengan bahan lain, sehingga cocok jika dipakai sebagai campuran bahan pondasi sebuah bangunan

Juga cocok untuk bahan adukan pengecoran hingga pemasangan bata, dengan hasil yang kokoh, kuat, dan tahan lama.

Termasuk fungsi sebagai material agregat jenis halus, untuk pembuatan berbagai variasi beton precast.

Untuk harga pasir beton satu gerobak juga relatif murah karena masih sangat mudah ditemukan di berbagai daerah Indonesia.

4. Pasir Pasang

Ada lagi yang namanya pasir pasang, dengan tekstur sangat halus, dipakai sebagai campuran tambahan untuk pasir beton.

Kegunaan utamanya adalah untuk bahan plester dinding bangunan, supaya menjadi lebih padu dan kuat menempel.

Fungsi Utama Berbagai Jenis Pasir

Fungsi Utama Berbagai Jenis Pasir

Kebanyakan pasir, didapat dari alam melalui berbagai proses alami. Baik itu di gunung, laut, rawa, hingga aliran sungai.

Ada juga pasir yang diperoleh dari proses pabrikasi khusus, untuk mendapatkan ukuran tertentu dengan agregat terbaik sesuai peruntukannya.

Tapi, secara umum pasir memiliki sejumlah fungsi utama. Mulai dari fungsi untuk dunia konstruksi dan fungsi umum lainnya.

Fungsi pada Dunia Konstruksi

Setidaknya ada tiga fungsi utama pasir untuk dunia konstruksi yaitu:

  1. Sebagai bahan urugan pada bagian bawah dari pondasi sebuah bangunan, urugan pada bagian pemasangan material paving block, dan urugan untuk lantai.
  2. Menjadi campuran untuk pembuatan adonan beton tidak bertulang maupun beton bertulang.
  3. Contohnya, untuk cor dak, lantai, kolom, plat pada pantai, hingga pembuatan ring pada balok.
  4. Sebagai spesi atau mortar, untuk adukan pada saat memasang pondasi jenis batu kali, pemasangan keramik untuk area dinding dan lantai.

Fungsi pada Dunia Industri

Beda lagi fungsinya pada dunia industri, tergantung jenis industrinya. Misal, untuk pembuatan material khusus alat rumah tangga dimana bahan pasir dipadukan dengan bahan lainnya.

Soal berapa harga pasir satu gerobak, biasanya akan berbeda karena jenis pasir yang dipakai untuk industri juga berbeda dengan pasir untuk kebutuhan konstruksi.

Tips Sebelum Beli Pasir Agar Tidak Kena Tipu

Tidak sedikit orang yang merasa kecewa, ketika membeli pasir di toko bangunan abal-abal. Dimana mereka malah mendapatkan pasir dengan kualitas buruk dan tidak bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Agar Anda tidak menjadi korban berikutnya, terapkan saja trik berikut ini saat akan membeli. Supaya potensi penipuan bisa diminimalisir.

  • Pastikan untuk mengecek kondisi pasir, apakah mengandung ampas dan bahan organik lain dalam jumlah banyak atau tidak.

Ini akan sangat mempengaruhi volume asli pasir dan kualitasnya ketika akan digunakan untuk konstruksi.

  • Gunakan trik genggam pasir, untuk mengetahui kualitas pasir tersebut. Jika kualitas bagus, biasanya tidak akan langsung terurai namun menyatu di telapak tangan.
  • Lakukan pengecekan volume pasir, saat akan dikirim dan ketika sudah sampai di lokasi Anda. Ini dilakukan untuk meminimalisir kecurangan pihak tak bertanggung jawab.
  • Pastikan juga pasir yang dibawa tidak disatukan dengan material lain, untuk mencegah kurangnya jumlah pasir akibat material lain tersebut.

Jika tidak di cek, bisa saja Anda dikenakan harga pasir bangunan satu gerobak sementara volume pasirnya lebih sedikit dari satu gerobak.

Spesifikasi Utama Pasir untuk Bangunan

Spesifikasi Utama Pasir untuk Bangunan

Berhubung fungsi utama dari pasir adalah untuk bidang konstruksi, terdapat beberapa spesifikasi utama pasir yang akan digunakan.

  • Indeks kekerasan dari pasir yang akan digunakan, sebaiknya tidak lebih dari 2,2. Jangan lupa agregat pasir sebaiknya halus dan butirannya cenderung keras dan tajam.
  • Jika pasir yang digunakan berasal dari sungai atau laut, maka harus dipastikan kandungan lumpurnya tidak melebihi 5 persen.
  • Reaksi alkali negatif, harus dimiliki pasir jika akan dipakai untuk pembuatan beton. Sebab dibutuhkan tingkat awet tinggi dari semua komponen pembuatannya.

Kalau bereaksi positif, maka bisa membuat komponen beton mudah rusak dan kualitas beton menjadi tidak maksimal.

  • Persentase hancurnya pasir, ketika diberikan Magnesium Sulfat harus kurang dari 10 persen.

Sedangkan ketika dicampur dengan Natrium Sulfat, tingkat hancurnya pasir juga tidak boleh lebih dari 12 persen.

  • Jika akan menggunakan beberapa jenis pasir untuk sebuah konstruksi, susunan kehalusan modusnya dalam minimal 1,5 dan maksimalnya adalah 3,8.

Berbedanya jenis pasir, tentu akan membuat harganya juga berbeda. Misalnya, harga pasir satu gerobak Bandung untuk jenis Jembrod untuk pondasi akan beda dengan jenis hitam.

Kalau memang Anda butuh pasir untuk konstruksi atau industri, pastikan terlebih dahulu harga pasir satu gerobak atau sesuai volume yang dibutuhkan dengan terbaru.

Pilih tempat membeli terpercaya dan lakukan trik membeli cerdas agar bisa mendapatkan pasir berkualitas dengan ukuran tepat.

Nah, mungkin itu dia daftar tabel harga pasir satu gerobak untuk semua daerah, yang dapat Anda jadikan sebagai pengetahuan sebelum membelinya

Selanjutnya, terkait pertanyaan-pertanyaan lainya, silahkan sampaikan pesan Anda melalui kolom pesan yang tersedia di bawah. Terima Kasih.

Share your love

Leave a Reply

error: Content is protected !!