550+ Ide Nama Usaha Untuk Kerajinan yang Belum Dipakai

Anda Ingin mendirikan usaha kerajinan? Namun bingung dalam menentukan nama yang cocok. Berikut nama usaha untuk kerajinan yang belum dipakai.

Anda mencari Nama Usaha untuk Bidang Kerajinan? Berikut rekomendasinya !!

Berikut merupakan rekomendasi Tips sukses beserta contoh ide nama usaha untuk kerajinan yang belum dipakai. Yuk baca sampai selesai !!

Ingin membuka bisnis kerajinan offline atau online, tapi bingung memilih nama usaha?

Sebenarnya, ada beberapa trik mencari nama usaha untuk pengrajin untuk mendapatkan hasil unik dan relevan.

Pemilihan nama usaha yang dirintis bisa memberikan dampak besar terhadap bisnis.

Karenanya, tidak jarang seseorang membutuhkan waktu cukup lama hanya untuk menentukan nama bisnis.

Untuk anda yang saat ini sedang mencari nama bisnis dengan produk kerajinan, maka kali ini akan kami rekomendasikan nama bisa kerajinan yang belum dipakai.

Tips Memilih Nama untuk Usaha Kerajinan

Bisnis kerajinan terdiri atas beragam jenis. Oleh karena itu, pemilihan nama usaha pada bidang ini juga tidak boleh sembarangan. Anda perlu menyesuaikannya dengan bidang bisnis yang digeluti.

Pasalnya, dengan memilih nama yang relevan dan cocok, maka akan bisa membawa keuntungan lebih bagi usaha kerajinan yang akan dijalankan oleh calon pebisnis.

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih nama untuk usaha kerajinan:

1. Nama Singkat dan Jelas

Perlu diingat, bahwa penggunaan nama yang singkat dan jelas harus selalu dipertimbangkan. Di samping itu, nama simple juga cenderung akan lebih mudah dikenal oleh publik.

Sebab sederhananya, seseorang akan gampang menerima kata yang jelas dan tidak berbelit. Meskipun memang tidak ada acuan dalam menentukan suatu nama bisnis.

Karenanya, walaupun singkat, namun tetap harus tepat dan sesuai dengan jenis usaha. Hal ini bertujuan untuk memudahkan melakukan proses branding untuk produk nantinya.

2. Bermakna dan Mudah Dieja

Tanpa disadari, brand terkenal umumnya memiliki pengucapan yang mudah dieja tapi bermakna.

Di sisi lain, gunakan nama yang juga mengandung makna, seperti mampu merepresentasikan produk kerajinan yang dijual sehingga bisa dipahami calon customer.

Selain itu, pastikan nama yang dipakai cukup efektif. Misalnya, untuk toko kerajinan kayu, maka bisa memakai “Toko Kayu Custom”. 

Jadi, hanya dengan sekali baca calon customer sudah mengerti, bahwa Anda menjual produk dari kayu yang bisa dikustomisasi.

3. Otentik dan Unik

Setelah menemukan nama yang pas untuk usaha kerajinan, pastikan kalau nama pilihan tersebut juga otentik. 

Dengan kata lain, nama harus unik, beda, dan belum digunakan oleh pihak lain. Karena itu, penting sekali memeriksa nama bisnis yang akan dipakai. 

Pada awal merintis bisnis, mungkin pemilihan nama bukanlah masalah besar. Namun, saat bisnis mulai berkembang, tentu akan sulit bagi Anda kalau harus mengganti nama lagi.

Dengan kata lain, pemilik usaha harus sudah memastikan sejak awal kalau nama usaha otentik. Setelah itu, bisa langsung melakukan klaim agar tidak diambil pihak lain.

Kenapa Harus Menggunakan Nama Kerajinan yang Tepat?

Kenapa Harus Menggunakan Nama Kerajinan yang Tepat?

Seperti halnya bidang usaha lain, menentukan nama usaha untuk Kerajinan juga membutuhkan berbagai pertimbangan. Tidak bisa serta merta menggunakan suatu nama hanya karena Anda suka.

Meskipun tampak sepele, namun nama bisnis memiliki peran besar dalam menentukan keberlangsungan hidup suatu usaha. Karenanya, jangan remehkan penggunaan nama.

Di bawah ini adalah beberapa alasan kenapa nama usaha harus tepat:

1. Produk Lebih Mudah Dikenali

Meskipun skala usaha produksi kerajinan yang digeluti masih kecil, namun Anda tetap bisa unggul dari segi harga dan kualitas. 

Contoh sederhananya, usaha kerajinan tradisional di desa atau daerah terpencil yang pastinya tidak sepopuler produk kerajinan dari kota besar. 

Salah satu penyebabnya tentu saja karena merek dagang yang belum jelas dan sesuai. Oleh karena itu, penting bagi pemilik usaha kerajinan untuk tidak melewatkan proses branding.

Sebab nama yang sesuai dan memiliki daya tarik dapat meningkatkan omset penjualan. Karena itulah, pemilihan nama tidak boleh dilakukan secara asal-asalan.

2. Menjadi Pembeda dari Produk Sejenis

Di zaman digital sekarang, persaingan antar penggiat bisnis semakin tinggi. Hampir setiap hari pasti ada saja startup baru yang bergerak pada bidang serupa.

Pada dasarnya, hal ini merupakan suatu proses alamiah yang mendukung terjadinya perkembangan ekonomi.

Menggunakan nama tepat akan menjadi pembeda toko Anda dengan usaha lain yang memproduksi produk sejenis.

Misalnya, Anda ingin menggeluti usaha kerajinan tas anyaman, namun sudah ada bisnis sejenis yang menawarkan produk dengan konsep sama persis.

3. Bisnis Lebih Dipercaya Masyarakat

Sudah menjadi rahasia umum kalau produk yang dijual di mall dan supermarket memang lebih dipercaya oleh konsumen dibandingkan pasar tradisional.

Padahal, dari segi kualitas biasanya tidak jauh beda. Tapi, kenapa produk di traditional market kurang dilirik konsumen?

Hal ini tentunya sangat dipengaruhi oleh reputasi pihak supermarket yang sukses melakukan branding bisnis.

Agar dapat bersaing secara seimbang, maka Anda tidak boleh melewatkan proses branding. Sebab pengaruhnya sangat besar terhadap keberhasilan usaha.

4. Menunjukkan Identitas Usaha

Seberapa besar pun skala bisnis yang dibangun, pada dasarnya usaha memang harus memiliki identitas.

Produk kerajinan buatan rumah produksi Anda juga membutuhkan branding yang bagus. Nama usaha bisa menjadi identitas diri dari bidang usaha yang dibuat.

5. Menciptakan Pangsa Pasar Lebih Luas

Branding akan membantu memperluas pangsa pasar (konsumen) bagi bisnis. Ini meliputi peningkatan kualitas produk, pengemasan, logo produk, dan pemberian nama  bisnis.

Syarat Nama Usaha untuk Bisnis Kerajinan

Syarat Nama Usaha untuk Bisnis Kerajinan

Dalam menentukan nama untuk bidang usaha kerajinan, Anda perlu memperhatikan beberapa persyaratan yang tidak tertulis, namun memiliki peran penting dalam keberhasilan branding.

Di bawah ini adalah syarat memilih nama usaha yang bisa dijadikan panduan oleh para pengrajin:

1. Pilih Nama yang Jelas

Informasi yang disampaikan melalui penggunaan nama usaha harus jelas atau tidak ambigu. Pada bisnis kerajinan misalnya, Anda dilarang memakai kata, seperti lezat, segar, dsb.

Sebab kata-kata tersebut lebih identik digunakan pada toko atau usaha yang menjual produk, seperti makanan dan minuman.

2. Tidak Ketinggalan Zaman

Anda boleh saja menggunakan nama usaha yang memiliki kesan klasik, namun harus tetap relevan untuk masyarakat di era ini.

Ketinggalan zaman yang dimaksud lebih kepada tidak memakai nama yang sudah terdengar jadul dalam dunia bisnis, istilahnya expired.

3. Pilih Nama yang Mudah Diingat

Dalam merintis usaha, tentu Anda ingin kalau nama bisnis diingat oleh konsumen, bukan? Karenanya, gunakanlah nama yang terdengar familiar namun otentik.

Selain akan membuat nama toko mudah diingat. Hal juga merupakan menjadi cara ampuh jika Anda berniat menciptakan loyal customer atau pelanggan setia.

4. Pilih Nama yang Menggambarkan Produk

Usahakan nama bisnis bisa memberikan deskripsi produk yang ditawarkan. Misalnya menggunakan nama “Flanel Craft”.

Konsumen pasti akan langsung mengerti kalau produk kerajinan yang ditawarkan terbuat dari bahan dasar kain flanel. Terdengar simple, bukan?

5. Tidak Menyinggung Pihak Lain

Memakai nama usaha yang memiliki unsur menyinggung pihak lain bukanlah suatu ide bagus. Sebab nama tersebut dapat memicu kontroversi baru di tengah publik.

Nama tersebut bahkan berpotensi memberi rating yang buruk terhadap bidang usaha yang sedang dirintis.

Rekomendasi Nama Usaha Kerajinan

Rekomendasi Nama Usaha Kerajinan

Berikut merupakan rekomendasi nama-nama usaha untuk kerajinan yang tentunya bisa anda pakai atau bisa pula untuk dijadikan sebagai referensi.

Adapun rekomendasi nama usaha kerajinan yang bisa anda gunakan adalah sebagai berikut ini.

1. Nama Usaha untuk Pengrajin dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris memang sudah familiar di kalangan masyarakat Indonesia sehingga tidak ada salahnya kalau dipilih sebagai nama bisnis.

Akan tetapi, pastikan kalau kata yang digunakan tidak terlalu berbelit-belit. Selain itu, kata juga mengandung makna yang berkaitan dengan usaha.

Di bawah ini adalah nama usaha kerajinan dalam bahasa Inggris:

  • Three Brother Crafts
  • Happy Furniture
  • Handy Andy
  • Craft Moon
  • The Art Line
  • Craft and Obsession
  • The Craft Store
  • Momies Handmade
  • Nice Craft
  • Lovely Gifts
  • Presents are Here
  • New You
  • This is For You

2. Nama Bisnis Kerajinan Kain Nusantara

Kain tradisional karya pengrajin Indonesia memang semakin dikenal dan dilirik oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia.

Selain memiliki kesan unik, klasik, dan antik, kualitasnya juga tidak perlu diragukan lagi. Terutama kain handmade (buatan tangan) yang dibuat dengan teknik tradisional.

Daya tarik kain buatan nusantara tersebut, membuat banyak pihak kemudian tertarik untuk menggeluti dunia bisnis di bidang pembuatan kain tradisional, seperti tenun, batik tulis, dsb.

Namun, agar usaha lebih menarik perhatian, Anda harus mampu menciptakan nama bisnis yang tepat. Usahakan nama bisnis dan produk yang dijual juga sejalan.

Di bawah ini adalah referensi nama usaha kerajinan tangan yang bisa dijadikan referensi:

  • Batik Jogja.
  • Kain Tenun Asli Sumba.
  • Songket Bali Original.
  • Gudang Batik.
  • Ulos Batak.
  • Batik Tulis Kanjeng.
  • Kain Tenun Mak Itam.
  • Toko Kain Tradisional.
  • Songket Asli.
  • Oleh Oleh Betawi.
  • Surabaya Fashion Store.
  • Ora Jaman.
  • Tenun Cap Kuda Laut.

3. Nama Usaha Pengrajin Kulit Asli dan Sintetis

Di beberapa daerah, kerajinan kulit asli maupun sintetis memang berkembang cukup pesat. Pangsa pasarnya juga cukup luas, mulai dari lokal hingga mancanegara.

Ini tentu tidak terlepas dari kualitas bahan kerajinan yang ditawarkan, selain estetik, material kulit juga terbukti lebih awet digunakan.

Umumnya, bahan kulit yang digunakan adalah hewan dari tempat penyembelihan, seperti sapi dan kambing. Bukan diambil dari kulit binatang yang dilarang untuk dibunuh secara sengaja.

Oleh karena itu, bisnis kerajinan kulit asli dilegalkan dan bahkan UKM pengrajin kulit sengaja dikembangkan oleh pemerintah daerah sebab mempunyai pasar yang bagus.

Contoh nama usaha kerajinan kulit simple namun menarik:

  • Tas Kulit Zahira.
  • Belt Kita.
  • Leather Watch.
  • Jack & Jhon.
  • Lira Store.
  • Tas Dina.
  • Tali Pinggang Bosku.
  • Jam Tangan Kulit.
  • Leather Store.

4. Nama Bisnis Kerajinan Tangan Lampu Hias

Perkembangan model lampu hias memang membuat produk ini semakin ngetrend di era modern. Selain menang dari segi model, lampu hias juga hadir dalam ragam warna yang menarik.

Dalam memilih nama untuk toko atau rumah produksi lampu hias, sebaiknya pilihlah nama yang singkat namun mudah diingat. Di bawah ini adalah referensi nama yang bisa dijadikan panduan:

  • Toko Lampu Lusiana.
  • Rumah Lampu Liliput.
  • Lampu Ande Ande Lumut.
  • Lampu Hias Murah.
  • Andrea Tumblr.
  • Grosir Lampu Hias.
  • Lampu Unik.
  • Istana Lampu
  • Jual Lampu Hias
  • Spesialis Lampu Hias
  • Lampu Hias Andrea
  • Lovely Tumblr
  • Jual Aneka Lampu
  • Grosir Lampu Bang Rhoma

5. Kerajinan Tangan Handmade

Bisnis kerajinan di bidang handmade unik memang semakin menjanjikan. Seperti diketahui, usaha satu ini mengutamakan ide kreatif dan juga keterampilan seseorang.

Semakin kreatif dan inovatif produk yang bisa dihasilkan, maka semakin besar pula kemungkinan Anda untuk untung.

Beberapa contoh kerajinan handmade diantaranya adalah, aksesoris DIY, seperti gelang, kalung, anting, dll. Jadi, Anda bisa menyesuaikan dengan kreativitas dan skill yang dimiliki.

Jika Anda berencana membuka toko kerajinan tangan DIY, maka beberapa referensi nama yang ada di bawah ini adalah referensinya:

  • Gelang Selena.
  • Rio Art.
  • House of Creativity.
  • Toko Boneka Kiko.
  • Jihan Handmade.
  • Lili Aksesoris.
  • Cua Handmade.
  • Kalung Surabaya Unik.
  • Aditya Cincin Couple.
  • Pia Unik.

6. Nama Usaha Kerajinan Fiber

Kerajinan dari material fiberglass yang dibuat dengan metode khusus semakin dilirik pasar belakangan ini.

Selain memiliki nilai seni tinggi, fiber juga dapat dikreasikan menjadi berbagai macam model dan bentuk kerajinan, seperti gantungan kunci, casing hp, dan pernak-pernik unik lainnya.

Berikut adalah beberapa ide nama usaha untuk kerajinan bahan fiber:

  • Trio Fiber.
  • Layla Kreasi.
  • Srikandi Crafte.
  • Lengkong Fiber.
  • All Yours Guys.
  • Fiber Murah.
  • Toko Fiber Anda.
  • Fiber Store.
  • Grosir Fiber.
  • Ada Fiber Dijual.
  • Buat Fiber.
  • Fiber Custom.

7. Nama Bisnis Kerajinan Kain Flanel

Kain flanel adalah salah satu bahan yang umum dijadikan pilihan material untuk membuat produk kerajinan unik, seperti pouch, tas selempang, bros, tempat pensil, dompet, dsb.

Flanel sendiri terdiri atas ragam warna menarik sehingga menghasilkan karya seni mengagumkan, tapi affordable.

Di bawah ini adalah contoh nama usaha kerajinan kain flanel yang cukup bagus untuk branding:

  • Toko Flanel
  • Kreasi Unik
  • Flanelis
  • Flanel Craft
  • Toko Flanel Murah
  • Flanel Imut
  • Souvenir Flanel
  • Flanel Store Bunda
  • Lovely Flanel
  • Jual Kerajinan Flanel
  • Toko Flanel Custom

8. Nama Usaha Kerajinan Tangan Kayu

Meskipun zaman sudah semakin modern, namun kerajinan tangan dari bahan kayu seolah tidak pernah kehilangan peminatnya.

Tentu hal tersebut tidak terlepas dan keunikan serta estetika yang mampu dihadirkan bahan kayu. Peluang kerajinan kayu sendiri cukup tinggi.

Jika ingin memulai bisnis kerajinan kayu, di bawah ini adalah contoh nama kerajinan yang bisa dipilih:

  • Ganci Custom Murah
  • I Love Wood
  • Wooden Craft
  • Mahoni Craft
  • Ganci Unyu
  • Frame Kayu Lucu
  • Grosir Souvenir Kayu
  • Sweet Wood
  • Art Wood Decor

9. Nama Bisnis Kerajinan dari Bambu

Apabila ingin membuka bisnis kerajinan dari bahan bambu, pastikan memilih nama usaha yang sesuai dan menarik.

Bambu dapat dijadikan ragam produk custom menarik, mulai dari furniture, dekorasi, dsb. Berikut ini adalah nama usaha untuk rumah produksi kerajinan bambu:

  • Bambumu Bambuku
  • Bambu Store
  • Kreasi Bambu
  • Panda House
  • Bambu Custom
  • My Bamboo
  • Bambu Lucu
  • I Love Bamboo

10. Nama Usaha Kerajinan untuk Pasar Global

Ada banyak sekali produk kerajinan buatan Indonesia yang berpotensi dapat sukses di pasar global. Tentu saja proses branding menjadi salah satu kunci dari keberhasilan bisnis kerajinan.

Apabila Anda memiliki target pasar global, maka beberapa nama di bawah ini bisa dijadikan pertimbangan:

  • Winter Art Store
  • Beautiful Sunshine
  • Eternity Art
  • Jasmine Craft
  • Kile Wooden Art
  • Summer Sunshine
  • Nicole Modern Craft
  • Madonna’s Stuff
  • Craft Gallery
  • Indonesian Style
  • Aesthetic Leather
  • Moon Rising

11. Nama Bisnis Kerajinan untuk Pasar Lokal

Kalau baru merintis usaha dan fokus sasaran adalah pasar lokal, maka pilihlah nama yang identik dengan hal-hal berbau nusantara.

Sebaiknya nama yang diambil juga mampu merepresentasikan produk kerajinan yang menjadi andalan toko Anda. Jadi, lebih mudah untuk dikenal konsumen.

Kumpulan ide nama usaha kreatif untuk pasar lokal:

  • Anyaman Viral
  • Akrilik Unik
  • Yeni Aksesoris
  • Tenunan Nenek
  • Sarung Tradisional Jakarta
  • Jam Tangan Mevvah
  • Tas Anyaman Murah
  • Kain Bordir Cantik
  • Rumah Seni Tradisional
  • Kreasi Nusantara
  • Pesona Indonesia
  • Sarung Top
  • Tikar Bambu Manado
  • Bali Craft House
  • Perhiasan Perak Jogja
  • Antik Furniture
  • Daster Mbok Yah
  • Grosir Kulot Bali
  • Batu Akik Pacitan
  • Rumah Craft Dita
  • 3 Dara Craft
  • Bingkai Unik Safitri
  • Furniture Custom Joko

12. Nama Usaha Pengrajin Lilin

Bagi anda yang saat ini ingin mendirikan usaha kerajinan dari lilin, tentu anda perlu untuk memikirkan nama usaha yang cocok dan sesuai dengan produk yang dimilikinya.

Untuk anda mungkin bisa menggunakan nama-nama usaha kerajinan yang akan kami rekomendasikan seperti di bawah ini.

  • Kencana Candle
  • Euodia Home
  • Scent & Light
  • Kaminari
  • Duft and Chandelle
  • Dwipari
  • Beautiful
  • Candlemon
  • Lightmun
  • Lampu Imut Imut
  • Lilona Cute
  • Lampu Liliput
  • Lilou
  • Lampu Hias Murah
  • Michalina Art
  • Lampu Hias Sophia

13. Nama Usaha Pengrajin Tanah Liat

Untuk anda yang memiliki produk kerajinan tanah liat, mungkin anda bisa mengekspor hasil usaha yang dimilikinya.

Salah satunya yakni dengan membangun brand yang cocok agar nantinya usaha anda bisa mudah dikenal oleh banyak orang. Adapun nama brand bisnis yang belum dipakai adalah sebagai berikut ini.

  • Oma Pengrajin
  • Omah Hias Tradisional
  • Kerajinan Papa
  • Kerajinan Opa
  • Tukang Pengrajin
  • Kendine pae
  • Piring Mama
  • Glass cantik
  • Serbarajin
  • Rajinbae
  • Mode Tenunku
  • Anyamanku Store
  • My Precious Bag
  • Kain Tenun Klarisa
  • Gudang Tenun
  • Kain Nusantara
  • Fashionatic
  • Kinanku Store

14. Contoh Nama Brand Creative

Berikut adalah contoh nama-nama brand creative yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk membangun sebuah usaha.

Adapun contoh nama usaha brand yang creative, adalah sebagai berikut ini.

  •  Roof Craft
  • Zahara Kreasi
  • Jovanka Fiber
  • Maheswari Fiber
  • Flanel Store
  • Flanel Craft
  • Flanelis
  • I Love Wood
  • Akasia Graffiti
  • Etienne Art
  • Cosmin Graffiti
  • Brisa Art
  • Finella Art
  • Galena Cutie

15. Referensi Nama Website Keren untuk Usaha Kerajinan Tangan

Dibawah ini  adalah beberapa contoh nama website keren untuk bisnis kerajinan tangan:

❖         Sepatuku.com

❖         Muscles.co.id

❖         Sepatubaru.com

❖         Gantisepatu.co.id

❖         Jualsepatu.com

❖         Mausepatu.co.id

❖         Sepatukulitasli.com

❖         Leathershoes.co.id

❖         Tasmurah.com

❖         Indobag.co.id

❖         Belitas.com

❖         Tasgrosir.co.id

❖         Taskulit.com

❖         Grosirtasbandung.co.id

❖         Koreanbag.com

❖         Furnituremurah.com

❖         Mebeljepara.co.id

❖         Yukgantifurniture.com

❖         Perabotunik.co.id

❖         Furniturejati.com

❖         Perabothits.co.id

❖         Furniturekekinian.com

❖         DIYStore.com

❖         Getyourstyle.net

❖         Cheapbag.com

❖         Buyme.netaAlwayshere.com

Nah, itu dia nama-nama usaha kerajinan yang bisa anda gunakan sebagai nama brand bisnis. Untuk selanjutnya silahkan anda pilih dan tentukan nama yang sesuai.

Perlu Anda ketahui pula bahwa penggunaan nama usaha untuk pengrajin yang menekuni pembuatan kerajinan sangat penting dipertimbangkan.

Karena pada dasarnya sebuah nama bisa menjadi penentu kesuksesan proses branding produk dan toko.

Artikel Lainnya

Nama Usaha Laundry
Nama Usaha Rumahan
Nama Usaha Skincare
Nama Usaha Untuk Makanan

Untuk pertanyaan lainnya, silahkan beri komentar pada kolom yang sudah tersedia di bawah ini. Terima Kasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *